Mengirim Tulisan ke Media Massa

Akhir-akhir ini jadi banyak sekali teman-teman yang menanyakan kepada saya “den, gimana sih ngirim tulisan buat media?” atau ada beberapa yang lalu meminta saya untuk membuat tulisan tentang mengirim tulisan untuk media.

Oke, Alhamdulillah ada kesempatan untuk berbagi tentang hal itu, tulisan ini tidak bermaksud menggurui, karena memang pengalaman dan ilmu saya masih sangat minim, tapi semoga pengalaman dan ilmu yang minim ini dapat bermanfaat buat pembaca sekalian. Grab it fast ! :D

Tulisan ini akan fokus bagaimana mengirim tulisan ke media massa, khususnya untuk mahasiswa, pembahasan tips trik, jenis media, tema tulisan, insentif yang didapat dll akan saya bahas di lain waktu.

 

  1. Siapkan Tulisanmu

Tentu langkah awal untuk mengirim artikel ke media adalah siapkan tulisan mu, gak mungkin kan mau ngirim artikel tapi artikel nya belum ada ? :)

Untuk karkateristik artikel, standar minimalnya adalah 500 kata atau satu halaman A4, dengan huruf Times New Roman 12. Jangan lupa untuk mengecek tulisan mu, jangan sampai ada salah ketik atau catat penulisan.

 

contoh tulisan

 

 

 2. Cari tahu email media

Setelah tulisan siap. Sebelum mengirimkan artikel mu, kamu harus tahu dulu, email redaksi media yang ingin kamu tuju, biasanya media massa mencantumkan email mereka dalam web mereka (di bagian contact us). Berikut email redaksi media massa yang saya tahu.

redaksi@seputar-indonesia.com

redaksikompaskampus@gmail.com

dakwatuna@gmail.com

redaksi@koran-jakarta.com

redaksi@seputar-Indonesia.com

 

 

3. Siapkan Identitas, Foto, dan Scan Identitas

Eiitss, tunggu dulu, kamu belum bisa langsung mengirim tulisan mu, ada dokumen lain yang harus kamu siapin.

 

  •  Identitas diri

Hal ini gak terlalu ribet ko, cukup Nama, Jurusan Kuliah, Universitas, No. Hp, Organisasi yang sedang kamu ikuti. Yang harus diperhatikan adalah organisasi kamu, usahakan organisasi yang kamu cantumi dalam identitas, organisasi yang berhubungan dengan tema tulisan yang kamu buat, itu bisa jadi nilai plus. Contoh : Jika tema penulisannya tentang Palestina, kamu bisa mencantumkan organisasi yang ‘berbau’ islam. Jika tentang kepemudaan, kamu bisa bisa mencantumkan organisasi yang bergerak di bidang kepemudaan.

 

  • Foto

Untuk foto, usahakan jangan mencantumkan foto alay, kamu mau foto alay kamu diliat publik? :D

 

  •  Scan Identitas

Sebenarnya untuk yang satu ini, tidak semua media mengharuskan untuk mengirim, hanya beberapa saja, coba kamu pastika di media bersnagkutan, apakah mereka menginginkan scan identitas diri untuk validitas atau tidak. Jika kamu tidak tahu, saran saya, cantumkan saja, cari aman bro.

Tulisan

4. Kirim

Ini tahap terpenting, mengirim artikel, buat apa cape-cape bikin tulisan tapi tidak jadi dikirim..hehe

Yang penting, jangan pernah takut tulisan mu tidak dimuat, yang penting coba dulu.

 

 

5. Pantengin terus media yang bersangkutan

Ini tahap paling membosankan, sekaligus memacu adrenalin (apa hubungannya ya? J). Yang pasti pada tahap ini kamu harus rajin-rajin mantengin terus media bersangkutan. Karena media yang bersangkutan tidak akan menghubungi kamu, artikel kamu ditolak atau diterima. Kamu yang harus mastiin terus dengan rajin-rajin ngecek media bersangkutan. Biasanya max 3 hari kamu sudah bisa mastiin, apakah dimuat atau tidak.

Selamat mencoba, keep writing, writing is a way to make our existence longer :)

About these ads

One thought on “Mengirim Tulisan ke Media Massa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s