MAHAsiswa

Bagi sebagian orang “titel” mahasiswa memiliki nilai prestisius tersendiri, hal itu karena mahasiswa dinilai memiliki sebuah paradigma yang lebih baik, memang, begitu seharusnya.

Mahasiswa adalah sosok manusia yang mengenyam pendidikan lebih lama jika dibandingkan golongan masyarakat lain, tak salah maka ketika masyarakat berharap banyak pada mahasiswa,selain itu, ditangan mereka lah nanti amanah kepemimpinan bangsa ini akan dipegang, mahasiswa lah sosok wakil rakyat sejati, sosok yang belum terkontaminasi dengan kepentingan golongan, partai dan sebagainya.

Kematangan mahasiswa semakin di asah dengan dinamika kehidupan kampus yang menjadikan nya menjadi sosok unik, sosok kritis idealis. Perbedaan suku, ras, daerah dalam lingkungan kampus telah membuat mahasiswa menghargai dan mengenal sebuah perbedaan pemikiran dan karakter, yang nantinya akan mengembangkan paradigma kedewasaan berpikir mereka.

Begitu banyak kelebihan yang dimiliki mahasiswa,.

selanjutnya mereka dituntut secara sadar, dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, memiliki sebuah beban moral yang besar, dalam lingkup terkecil, seorang mahasiswa dalam konteks mahasiswa perguruan tinggi negri, telah melewati sebuah tes masuk Perguruan tinggi negeri, ketika mereka lulus, mereka telah ‘mengambil’ hak peserta lain. Hal itu mengartikan bahwa harapan calon mahasiswa lain itu kini ada di tangan mahasiswa itu, dalam lingkup yang lebih luas, kita adalah sosok yang nantinya diharapkan memegang amanah negeri ini, harapan 230 juta lebih penduduk negeri ini terdapat di pundak kita, mengapa ?

Karena memang nyatanya seperti itu, sejarah telah membuktikan, dalam roda pergerakan sebuah bangsa, mahasiswa selalu terlibat di dalamnya, mahasiswa selalu berada dalam garda terdepan.

Selain itu, mahasiswa adalah kelompok minoritas istimewa di negeri ini, hanya 2% dari jumlah penduduk Indonesia ini yang dapat merasakan bangku perguruan tinggi dengan status mahasiswa nya. Belum lagi jika skala itu lebih diperkecil, berapa banyak dari 2% itu yang beruntung merasakan pendidikan di ITB, UI, ITS, UNDIP, UGM, dan perguruan tinggi TOP lainnya.

-Potensi Kebaikan yang sangat besar dalam tubuh mahasiswa Indonesia, akankah sia-sia, menguap begitu saja-

 

“Oleh karena itu, sejak dulu hingga sekarang pemuda merupakan pilar kebangkitan. Dalam setiap kebangkitan, pemuda adalah rahasia kekuatannya. Dalam setiap fikrah, pemuda adalah pengibar panji-panjinya (Hasan Al-Banna)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s