Selayang Pandang (TPB, FTTM, ITB)

Sedikit bercerita tentang pengalaman di semester 1 FTTM ITB,hhe

Kayanya bakal lebih baik kalo saya menceritakan nya dalam bentuk poin-poin pertanyaan, berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam benak saya 6 bulan lalu, ketika sangat ingin mencari tau, gimana pendidikan di ITB secara umum, Tahap Persiapan Bersama (TPB) ITB secara khusus dan juga FTTM ITB.

Kenapa ya namanya Fakultas Teknik Perminyakan dan Pertambangan, bukan langsung Teknik Perminyakan atau Teknik Pertambangan ?

Karena berbeda dengan Universitas lain, ketika temen-temen ingin melanjutkan study di ITB, yang temen-temen pilih dalam daftar pemilihan jurusan SNMPTN bukan jurusan, tapi fakultas.

Kok gitu ?

Sistem pendidikan di ITB emang sedikit berbeda, tahun pertama di ITB temen-temen masih dalam fakultas, belum ada jurusan-jurusan. Tahun pertama ini nama lainnya Tahap Persiapan Bersama (TPB). Selama masa TPB ini temen-temen akan ngisi 3 kali kuisioner jurusan, sesuai minat. Contoh di FTTM ada 4 jurusan, Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Metalurgi, dan Teknik Geofisika.

Terus gimana system Penjurusannya ?

System yang digunakan berdasarkan minat temen-temen, tapi biasanya, tiap fakultas ada jurusan favorit, nah, kalo jurusan favorit itu udah kelebihan peminat, contoh di FTTM favoritnya tuh Teknik Perminyakan, tahun ini jatah kursinya 70, kalo yang milih Teknik Perminyakan lebih dari 70, jadi pengurutan nya berdasarkan IPK.

Pelajaran tahun pertama itu gimana ?

Pas TPB, pelajarannya tuh Cuma ngulang pelajaran SMA, Cuma lebih dalem aja dan pastinya lebih cepet pembahasannya. Contoh semester 1 saya kemaren, materi kimia saya itu stoikiomerti, redoks, hukum-hukum kimia dll isika nya gelombang, hukum newton, dinamika, kinematika, termodinamika dll

Yap, cukup kayanya penjelasan singkat saya tentang ITB khususnya TPBnya..

17 thoughts on “Selayang Pandang (TPB, FTTM, ITB)

  1. yang snmptn itu masih ada biaya” laen gak????
    kyk praktikum ato apa gitu???
    biaya hidup di sana mahal ga?? kira” brp buat anak kos”an??

    • pembayaran kuliah itu cuma diawal kuliah sama di awal semester aja, setelah itu gak ada biaya2 lagi..

      mahal atau murah tergantung kamu, di bandung, makan 5000ribu 1 porsi masih ada kok, kos2an rangenya 400-1,5juta/bulan..

  2. Kak. Mahasiswi fttm nya banyak ga? Terus kegiatan nya berat ngga kira2 untuk yg cewe? Maaf kak pertanyaannya agak gmna gt hehe

  3. Kak denger dari bk saya di fttm itu ada mapel yang dikerjainnya pake mesin tik betul kak?
    Terus dosennya gimana kak? Maksudnya masih ada humornya atau emang serius terus? Makasih kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s