uniknya Lembaga Dakwah..

Mungkin inilah satu kelebihan Lembaga Dakwah, sebuah organisasi yang disatukan oleh aqidah dalam bingkaian ukhuwah. Perbedaan pendapat itu justru memunculkan sebuah produktivitas dalam pikiran-pikiran anggotanya.

Dalam beberapa hari terakhir ini salah satu grup di Facebook saya sangat ramai, penuh dengan tulisan-tulisan motivasi, kreatif dan sangat konstruktif. Forum Angkatan Gamais 2010 namanya, grup ini adalah sebuah grup yang dibentuk untuk mempererat ukhuwah kami, kader muda Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) ITB 2010.

Latar belakang ramai nya grup ini bermula ketika BPH (Badan Pengurus Harian) GAMAIS ITB mengumpulkan kami para kader muda, di pertemuan itu BPH menginfokan kami, setiap tahun kader muda mendapatkan pengkaryaan, membuat sebuah acara yang sepenuhnya kami yang menginisiasi. Tahun lalu, kader muda 2009 membuat sebuah acara Islamic festival dengan skala nasional.

Setelah info itu, BPH memberi kami pilihan, menerima “tantangan” membuat acara (pengkaryaan) itu atau cukup jadi panitia PMBR (Penerimaan Mahasiswa Baru dan Ramadhan) bersama kakak 2009.

Setelah beberapa saat musyawarah, akhirnya diputuskan kami menerima “tantangan” pengkaryaan itu.
Namun, ada beberapa dari teman saya yang tidak setuju, mengapa ?

Karena menurutnya, lebih baik pembinaan (mentoring dll) kami dulu diurusin, sebelum kami harus membuat acara.

Disatu sisi saya mendukung pendapat teman saya ini, karena yang saya tahu, sebagian besar dari kami, bergabung bersama GAMAIS karena berharap mendapat wawasan keislaman (pembinaan).

Namun, sisi lain saya juga sangat mendukung pengkaryaan ini, karena menurut saya (berdasarkan pengalaman juga di Rohis 78), memang kepanitiaan lah yang bisa mempererat ukhuwah kami, kader muda. Dengan jumlah kader mudah 300 orang lebih, sulit sekali mempererat ukhuwah kami jika hanya mengandalkan pertemuaan sehari-hari atau acara-acara ta’lim saja. Karena ada yang membedakan antara ta’lim itu dan kepanitiaan, dalam ta’lim kami hanya sebagai pendengar, duduk, dengerin pembicara, lebih jauh mungkin ada Tanya jawab, tapi itu tidak cukup untuk mempererat ukhuwah, kami butuh sebuah acara yang menuntut interaksi  lebih antara kami.

Itu semua ada dalam kepanitiaan, itu semua aka nada dalam pengkaryaan itu, ada emosi yang bermain disana, ada team work yang terus diasah, ada ketsiqahan kami terhadap saudara-saudara kami, pokoknya banyak dah.

 

Yap, jadi itulah latar belakang mengapa grup Facebook saya yang satu ini jadi sangat ramai, dibawah ini saya kutip tulisan teman-teman saya di Grup FB itu :

 

Ini opini awalnya

Maaf ya, tp forum yg kmrn msh mengganjal. bahkan senior2 kita ga bisa dan ga mau menjamin pembinaan untuk 2010. Alasannya “Kita ga bisa lama menunggu menghabiskan waktu. Harus segera pengkaryaan.”

Menurut saya kalau mentoring yg akan di-launching serius dn full power, dan sekolah gamais yang kembali digagas benar2 100% perhatian. Maka soal pembinaan dulu, baru setelah ada massa terbina, baru inisiasi pengkaryaan tidak akan perlu waktu lama…

 

Ini responnya :

-hati-hati, membaca tulisan-tulisan ini akan membangkitkan motivasi anda-

 

#Respon 1 (Afifah)

kalau menurut saya pribadi ttg pembinaan dr gamais (mentoring, sekolah gamais, kajian ifthor) di semestr 2 ini sangat banyak.ya, kalau diliat2 dr lpj, sama mukhtamar gamais kemaren yg saya tangkap sih gitu. pertanyaannya knp dr bulan november kemaren sampai sekarang g jalan2 juga…??

itu mungkin krn bulan nov-des adl saat2 peralihan masa kepemimpinan, pergantian sistem mentoring (kelompok mentoring diacak lg dan istilah mentoring di ganti dg “elqi”) juga masa2nya ujian dan liburan. makanya g ada mentoring. nah begitu jg pd bln januari itu memang total masa liburan kec minggu ke 4. artinya di awal februari baru akan di jalankan mentoring tgl 5 feb. untuk lebih jelasnya mungkin kita bisa lgsg tanyain ke kk di BKM (kl g salah kak deva sama teh shabrina). sy yakin kk2 kita sudah mempersiapkan dan merancang hal yg terbaik bwt kita.., tdk mungkin kita sbg harapan bangsa dan yg akan melanjutkan estavet da’wh kedepan dibiarkan tdk terbina begitu saja, sy yakin insyaallah.

trus juga masalah proyek angkatan, ntah knp kl saya pribadi sangat antusias dalam pengkaryaan nanti. menurut sy banyak hal yg akan kita dapatkan dalam pengelolaan acara yg berskala nasional tsb. dan ntah knp sy begitu terinspirasi sama kader muda Salam UI (angkatan 2010) yg pd bulan januari kmrn mengorganisir suatu acara besar berskala internsionl [symposium internasional “dari jakarta hingga jakur Gaza”]. bagi sy itu merupakan tantangan tersendiri bwt kader muda gamais 2010, sy yakin kita bisa melakukan hal yg jauh lebih besar lg insyaaallah.

selain ini merupakan ajang kita unt meningkatkan kapasitas pribadi, juga ini merupakan sarana unt meningkatkan ukhuwah sesama kader gamais, kl pengaryaan sebelumnya kita baru bisa kenal bahkan akrab dg 5o an org, nah di pengkaryaan nanti kita bisa membangun kebersamaan dg ratusan org,inilah sarana kita unt mensolidkan angkatan tercinta kita. Skali lg, “angkatan tercinta kita”. Modal kita 4 thn kedepan (semoga trus b’lanjut hingga ajal dtg sbg pemisah) unt tetap di jalanNya adalah Iman dan kebersamaan itu sendiri disini kita kan memahami dan mengetahui keunikan msg2 saudara kita. dan betapa berharganya mereka di hati kita.

Yakin lah, insyaallah banyak hal yg akan kita dapatkan dr pengkaryaan ini. mari bertekad unt memberikan yang terbaik, mari kita buktikan kita bisa berikan yg tebaik, dan harus memberikan yg terbaik.

Dn yg terpenting adalah kita lakukan semua ini karna Allah, apapun halangan jua rintangan kita kan siap menghadapinya. Karna kita berjuang tdk sendiri, ada Allah yg kan slalu menemani. “Allahu ma’ana”.Mari kita sambut seruan da’wh dan kesempatan emas ini.mari bersama berkontribusi unt agama ini. Jika saudara kita di bumi belahan sana telah mengorbankan harta bahkan jiwanya, maka tdk ada kata unt diam begitu saja. Bismillah.., tawakalna ‘alallah.. ya Allah dg kerendahan diri, kami serahkan semua ini kpd MU ..

[kawan.., mohon maaf kl ada salah kata semoga ini bisa mengobarkan kembali semangat kita..]

 

#Respon 2 (Fatimah)

setelahku renungkan…..
lewat GAMAIS, belum satu semester, aku sudah dapat banyak hal….
dengan baru memberi amanah saja…
secara tak langsung, GAMAIS sudah banyak menjaga……
:))
entah GAMAIS sadar atau tidak…
tapi terimakasih ya….
:))
sedangkan yang baru aku bisa berikan;
baru protes2 maap ya,.

di GAMAIS, banyak ku temukan kawan yang nantinya insyaAllah akan menjadi teman di surga, karena mereka banyak mengajak saya dalam saling nasihat-menasihati dalam kebaikan….. (ini tradisi indah yang ada di GAMAIS y ang saya jarang sekal temukan di tempat lain)…

maju GAMAIS!!
😀
tenang saja, namanya cahaya kebaikan takkan kalah oleh apapun,

🙂
tugas kita, para kadernya, mengobarkan kembali ca
haya itu, dari sini, kemanapun nnati kita jadinya🙂

mari kita saling menjaga dan saling memberi,😀
semua harus saling terlibat dan merasakan ikatan ukhuwah😀
dan merasakan kemanfaatan dan kebergunaannya sampai ke hati😀
ayo, SOLIDKAN angkatan kita!

keluarga kita!

bersambung…..

One thought on “uniknya Lembaga Dakwah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s