Ketika keikhlasan ini dipertanyakan..

“Sesungguhnya orang yang pertama kali diadili pada hari Kiamat adalah orang yang mati syahid. Selanjutnya orang itu dibawa menghadap dan ditunjukkan kepadanya kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan Allah kepadanya hingga orang itu mengetahuinya. Kemudian Allah berfirman, ‘Apakah yang telah engkau kerjakan?’ Orang itu menjawab,’Aku berperang demi Engkau (Allah) hingga aku mati syahid.’ Kemudian Allah berfirman lagi, ‘Kamu berbohong, kamu kamu berperang adalah agar kamu dianggap pemberani.’Dan memang telah dikatakan demikian. Lalu Allah telah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu hingga ia terlempar di api neraka.

Giliran selanjutnya adalah orang yang mempelajari ilmu dan mengamalkannya, serta orang yang membaca Al-Qur’an. Selanjutnya orang itu dibawa menghadap dan ditunjukkan kepadanya kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan Allah kepadanya hingga orang itu mengetahuinya. Kemudian Allah berfirman,’Apa yang telah engkau kerjakan?’ Orang itu menjawab,’Aku telah mempelajari ilmu dan mengamalkannya serta Aku telah membaca Al-Qur’an demi Engkau (Allah).’ Kemudian Allah berfirman lagi,’Kamu berbohong, kamu mempelajari ilmu agar kamu dianggap orang alim dan kamu membaca al-qur’an adalah agar kamu dianggap Qari.’ Dan memang telah dikatakan demikian. Lalu Allah telah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang tersebut hingga ia terlempar di api neraka.

Giliran selanjutnya adalah orang yang diberikan oleh Allah keluasan berupa segala macam harta. Selanjutnya, orang itu dibawa menghadap dan ditunjukkan kenikmatan-kenikmatan yang telah diberikan Allah kepadanya hingga orang itu mengetahuinya. Kemudian Allah berfirman,’Apa yang telah engkau kerjakan?’ orang itu menjawab,’Aku telah menginfakkan harta di jalan yang Engkau (Allah) cintai demi Engkau (Allah).’Kemudian Allah berfirman lagi,’Kamu berbohong, kamu berbuat itu agar kamu dianggap dermawan.’Dan memang sudah dikatakan yang demikian. Lalu Allah telah memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu hingga ia terlempar di api neraka.” (HR. Muslim)

One thought on “Ketika keikhlasan ini dipertanyakan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s