Memanfaaatkan celah seorang Koleris

Apakah Anda orang yang sangat memerlukan perubahan, punya kuat, tegas, Anda orang yang sangat berorientasi tujuan, selalu berkembang dengan tantangan yang ada ?

Selamat, Anda adalah seorang koleris..:)

Dalam dunia psikologi, karakter seorang manusia dibagi menjadi  4, yaitu karakter korelis, sanguis, flegmatis, melankonis.

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas ke empat karakter tersebut, tetapi saya akan lebih memfokuskan diri membahas bagaimana memanfaatkan karakter seorang koleris, dalam perspektif saya.

Dalam bukunya yang berjudul Personality Plus, Florence Littaeur menuliskan karakter seorang koleris adalah sebagai berikut :

Dilahirkan sebagai pemimpin; Sangat memerlukan perubahan; Berkemauan kuat dan tegas; Bisa menjalankan apa saja; Berorientasi tujuan; Mengorganisasi dengan baik; Mendelegasikan pekerjaan; Berkembang karena tantangan; Tidak terlalu perlu teman; Biasanya selalu benar; dan Unggul dalam keadaan darurat (dikutip dari ridwansyahyusufachmad.wordpress.com)

Sekian banyak karakter seorang koleris, saya akan menitik berat kan pada karakter Berorientasi tujuan dan Berkembang karena tantangan.

Mari kita belajar memanfaatkan tipikal karakter kekolerisan itu.

Seorang koleris adalah orang yang berorientasi tujuan, artinya Ia sangat fokus pada tujuan yang ingin dicapainya, ia adalah seorang yang berusaha keras untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkannya. Maka, sebagai seorang koleris, salah satu hal yang dapat Anda manfaatkan adalah menetapkan target dan tujuan hidup Anda. Tetapkan target itu sedetail mungkin, kemudian biarkan sifat dasar diri Anda sebagai seorang koleris yang “menyelesaikannya”. Maksudnya, setelah target itu tercapai, Anda yang bertipikal koleris akan dengan sendirinya berusaha mencapai tujuan hidup Anda itu.

Yang kedua adalah berkembang karena tantangan, dilahirkan sebagai pemimpin, seorang yang menyukai tantangan, dan senang sekali bersaing dan tidak mau kalah, seperti itu mungkin saya menggambarkan bagaimana seorang koleris. Celah yang dapat anda ambil dari sifat dasar anda yang satu ini adalah bagaimana anda menempatkan diri anda di tempat orang-orang hebat, berprestasi, menempatkan diri anda dalam lingkungan kompetitif.

Sifat Anda yang suka sekali tantangan dan tidak mau kalah yang kemudian akan membuat anda berkembang dalam iklim lingkungan yang seperti itu.

Maka tunggu apalagi, tempatkan diri Anda dalam lingkungan “kondusif” seorang Koleris..

Selamat Mencoba..

SALAM KOLERIS !!!

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s