Integral x dx

Genderang perang kembali ditabung (lebai…), sesuai jadwal akademik, 11 Maret 2011, dimulai lah masa Ujian Tengah Semester (UTS) bagi kami mahasiswa tingkat 1 ITB atau biasa disebut mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama ).

Dalam jadwal akademik, Mahasiswa TPB selalu melaksanakan UTS dengan waktu yang bersamaan, setiap hari jum’at.

Dan dalam perjalannan nya, kebersamaan waktu UTS itu menjadikan momen ini begitu spesial dan unik.

Jika jum’at itu ujian kalkulus, maka satu minggu itu mahasiswa TPB seolah melupakan mata kuliah yang lain, padahal ujian tetap berjalan, begitu pun ketika hari jum’at itu ujian fisika dan kimia.

Sisi unik lain dari UTS TPB ini adalah paska ujian itu sendir, ketika ujian selesai, saya akan merasakan euforia, kegalauan, sedih, bahagia, stress, dan segala macam ekspresi dari mahasiswa TPB lainnya.

Geografis ITB yang hanya memiliki 2 gerbang , gerbang belakang dan gerbang depan, menjadi keunikan ini bertambah.

Jika saya ujian berada di ruangan yang letaknya dibagian belakang, dan saya berjalan ke arah gerbang depan, saya akan melewati selasar-selasar kampus, dan inilah yang menjadi unik, sepanjang selasar saya akan mendengar ‘gema’ pembahasan soal. Jika hari itu ujian kalkulus, maka hari itu ITB akan booming.

Mahasiswa 1 : “Eh, no 3 lu jawabannya apa ?”

Mahasiswa 2 : “Gw, integral x dx,.”

Mahasiswa 3 : “Lho bukannya, integral 2x dx + integral sin 2x cos x dx..”

 

Orang yang galau ga bisa ngerjain soal pasti kesel ada orang yang ‘sok-sok’ ngbahas soal, lain lagi ekspresi orang yang lancer ngerjain, dia pasti akan senyam-senyum sambil seolah berkata dalam hatinya “ehm, yes, jawaban gw bener”.

 

Unik kan,  yap, kampus ini memang unik….

 

Leave a Reply

