Altim Cup

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS. Alhujurat : 13)


Aula Timur (Altim) Cup, adalah ajang kompetisi olahraga antara Unit Kegiatan Mahasiswa yang sekrenya berada di Aula Timur.

Unit Kebudayaan Betawi (UKB), Lingkar Seni Sunda (LSS), Liga Film Mahasiswa (LFM), Genshiken, Perkumpulan Seni Tari Karawitan (PSTK), dan Unit Kebudayaan Minangkabau (UKM) adalah 6 unit yang turut serta dalam Altim Cup kali ini. Saya yang notabene anggota Unit Kebudayaan Betawi turut andil dalam perhelatan tahunan ini ,( bener gaya tahunan ??hhe..)

Pertandingan futsal yang digelar di GOR YPKP Bandung ini menambah sebuah warna tersendiri bagi interaksi anggota unit-unit tersebut, disini anggota unit-unit Altim akan lebih menambah kenalan atau teman.

Pertandingan pertama, UKB harus melawan PSTK dan saya pun bermain sebagai starter, pertandingan berjalan dan berlari (???) dengan cukup sengit, tapi karena 1 dan laen hal akhirnya UKB ‘mengalah’ di pertandingan pertama ini…

Pertandingan kedua, UKB vs Genshiken, Genshiken adalah unit yang terdiri dari orang-orang maniak anime Jepang, dan anggotanya masih keturunan Tsubasa (hha…boong ding), bisa dibilang pertandingan ini adalah derby lantai 3, karena UKB dan Genshiken adalah 2 unit yang berada di Lantai 3 Altim. Meskipun mereka ‘masih keturunan Tsubasa, Yuga, Misaki dan Wakabayashi’ kami tidak takut, pantang mundur, malah terkesan anggap enteng (jangan ditiru..), perasaan anggap enteng ini akhirnya berdampak buruk, UKB kebobolan duluan, 1-0, semua pemain panik, wah tidak !!!! (lebai..), tapi berkat kerja keras dan usaha (patut ditiru…), akhirnya UKB dapat menyamakan kedudukan, dan pertandingan berakhir seri, 1-1, UKB pun belum meraih kemenangan…

Pertandingan Ketiga, wow, lawannya UKM, pemenang altim tahun lalu, pemainnya pun jago-jago, tapi akhirnya UKB pun menang 1-0….(krik…krik..ga seru amat..haha..^^)

Petandingan keempat, ini derby sesungguhnya, LSS vs UKB, Persib vs Persija, dua musuh bebuyutan, nilai historis pertarungan keduanya, fakta, data, semakin meningkatkan tensi pertandingan ini, pertandingan cukup sengit, babak pertama UKB mendominasi pertandingan, namun sayang nya di babak kedua, UKB lengah dan ‘membiarkan’ LSS membobol gawangnya…1-0, UKB pun kembali harus menelan kekalahan…

The last game, UKB vs LFM, pertandingan baru berjalan beberapa menit, LFM sudah berhasil membobol gawang UKB, dengan gol yang ‘sangat cantik’, 1-0. UKB terus bertekad membalas 1 gol itu, namun semangat membalas gol itu semakin hilang ketika LFM menambah pundi-pundi golnya, 2-0 untuk LFM, semangat anak Betawi yang pantang menyerah, terus berjuang sampai titik darah penghabisan pun akhirnya berhasil, 2-1, lewat umpan-umpan cantiknya UKB berhasil mengurangi defisit gol. Beberapa menit berselang, UKB kembali menunjukkan semangat nya yang belum padam, 2-2, kelengahan pemain LFM membuat UKB menyamakan kedudukan sementara.

Pertandingan hampir berakhir, waktu hanya tersisa beberapa menit, penonton sudah gelisah, pemain sudah pasrah (apa sih ?!)… akhirnya UKB kembali memanfaatkan kelengahan LFM dan berhasil membalikkan keadaan 3-2 untuk UKB, Hore…^^

Keseluruhan, dari 2 kekalahan, 1 seri dan 2 kali menang, UKB meraih poin 7, lumayanlah,..

Intinya, acara ini semakin menunjukkan perbedaan suku dalam naungan unit-unit Kebudayaan ini bukan menjadi kan kami terpecah-pecah, justru harusnya kami lebih mengenal, dan lebih akrab….

-Bandung, Minggu 21 Maret 2011-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s