Kadwil (Kaderisasi Wilayah) FTTM

Minggu 27 maret 2011.

 

Kaderisasi wilayah FTTM kembali dimulai, dengan membawa teman Po-Po-P (Posisi-Potensi-Peran) Mahasiswa, Kaderisasi Wilayah ini memasuki fasa ketiganya.

Setelah pertemuan perdana mengenalkan kami (mahasiswa tingkat 1 FTTM) tentang jurusan-jurusan yang ada dalam FTTM, dan pertemuan kedua mengingatkan akan pentingnya organisasi dalam kehidupan kemahasiswaan, Kadwil ketiga ini seolah menjadi pelengkap keduanya.

Posisi, Potensi dan Peran mahasiswa, sebagai seorang MABA (Mahasiswa Baru), rasanya hal itu sangat penting untuk terus didiskusikan, agar kami sadar dan mengerti bahwa kami telah bermetamorfosis, dari seorang abu-abuers menjadi seorang tanpa seragam, dari seorang siswa menjadi seorang MAHAsiswa.

Abang-abang dan kaka FTTM ingin menyadarkan kami, “kalian bukan anak SMA lagi loh, kalian mahasiswa loh, posisi, potensi dan peran kalian sekarang ini loh”.

Yang sangat menarik dari pertemuaan ketiga ini adalah kami harus terjun langsung kelapangan, menemui masyarakat sekitar ITB berdialog dengan mereka terkait permasalahan mereka dan kontribusi apa yang dapat diberikan mahasiswa ITB dengan kompetensi keilmuan yang dimilikinya dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Inti materi Po-Po-P Kaderisasi Wilayah FTTM part 3 ini adalah sebagai berikut :

 

Posisi Mahasiswa: Civil Intellectual

Dalam tatanan kehidupan masyarakat, secara garis kelompok-kelompok masyarakat dibagi ada 3 bagian, yaitu :

  1. Masyarakat Ekonomi
  2. Masyarakat Sipil
  3. Masyarakat Politik

 

Dalam bagan alur kehidupan masyarakat ini, mahasiswa berada dalam kelompok kedua, yaitu masyarakat sipil, terlebih lagi dalam hal ini mahasiswa terspesialisasi lagi menjadi masyarakat sipil yang terdidik (Civil Intellectual), artinya mahasiswa adalah sekumpul orang-orang terpilih dari yang terpilih. Best Of the best…

 

Peran Mahasiswa

  1. Agent of change

Arah perubahan suatu bangsa, pasti selalu lekat dengan dinamika kehidupan mahasiswanya, begitu pun Indonesia. Momentum sejarah terdekat yang dapat dijadikan patokan peran mahasiswa sebagai agent of change adalah reformasi ’98. Calon dokter, calon engineer, calon birokrat, calon sosiolog, calon politisi. Semua ada dalam momentum sejarah itu, mahasiswa menunjukkan peran nya sebagai agent of change (agen pembawa perubahan), menumbangkan rezim tirani saat itu dan membawa platform demokrasi dalam dinamikan bangsa ini.

 

2. Guardian of value (Penjaga nilai-nilai)

Dengan keintelektualannya, mahasiswa diharapkan menjadi sosok-sosok yang dapat menjaga nilai-nilai luhur bangsa ini, nilai-nilai kejujuran, kesopanan dan nilai-nilai luhur lainnya yang telah lama berkembang dan menjadi jati diri bangsa ini.

Dengan semakin derasnya arus globalisasi, peran mahasiswa menjadi semakin penting dalam penjaga nilai-nilai luhur ini.

 

3.Iron Stock

Fakta sejarah mengatakan, dengan status orang-orang tepilih, minoritas terpelajar, di masa yang akan datang mahasiswa akan mengisi pos-pos strategis kehidupan bangsa dan negara ini. itulah peran mahasiswa sebagai iron stock. Stock pengganti pemegang amanah-amanah penting dalam kehidupan Indonesia nantinya. Mungkin akan ada yang bertanya, mengapa iron, mengapa tidak wood, nickel dan sebagainya. Karena mahasiswa adalah manusia biasa, yang akan menjalani kehidupan sesuai fitrahya, ada waktu dimana mahasiswa akan memasuki usia senja dan kemudian digantikan sama seperti iron (besi) yang akan berkarat.

 

4. Role Model

Berlabel seorang terpilih, kelompok minoritas, kelompok yang beruntung dapat merasakan pendidikan sampai tingkat tertinggi. Sudah seharusnya mahasiswa menjadi role model (contoh) bagi jutaan penduduk Indonesia lainnya.

 

Potensi :

  1. Kritis
  2. Idealis
  3. Masih Muda

Ini hanya sebagian dari sekian banyak potensi terpendam mahasiswa, tentunya 3 kata diatas sudah tidak asing di telinga kita.

 

Awal mendengar Kadwil, saya mengira acara ini akan useless (tidak berguna), perploncoan, maen fisik, dsb.

Namun, kenyataannya berbeda, kadwil memberikan beragam wawasan baru bagi kami mahasiswa tingkat 1 FTTM terkait dunia kemahasiswaan kami. Mantap !!

 

Demi Allah, Untuk Bangsa dan Almamater,,,,MERDEKA !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s