Mahasiswa dan SailorMoon

Mungkin Anda akan bingung, tulisan ini bakal membahas apa, apa hubungannya Mahasiswa dan Sailormoon. Tapi, Jangan khawatir, sebenarnya saya juga bingung ketika awal harus mencari relasi keduanya.

Jadi, judul ini adalah buah dari keterdesakan keadaan dalam Kadwil (Kaderisasi Wilayah) part 4 FTTM beberapa hari lalu. Sedikitnya bercerita, jadi beberapa hari yang lalu FTTM kembali mengadakan kegiatatan Super SERU nya, yaitu Kadwil FTTM, bentuk yang dibawa dalam Kadwil kali ini adalah amazing race, atau kebanyakan orang akan mengenalnya sebagai pos to pos. Dalam kadwil kali ini mahasiswa FTTM 2010 dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian masing-masing kelompok datang ke suatu tempat (pos) yang telah ditentukan berdasarkan clue yang diberikan.

Back to topic, dalam kadwil ini pos yang paling saya ingat adalah pos ke-2, yaitu pos mimbar bebas, disini setiap peserta diharuskan berorasi diatas sebuah panggung, dengan tema yang ditentukan oleh abang-abang FTTM.

Unik dan menarik, itu gambaran pos ini, bukan hanya karena disini kami dilatih berbicara didepan umum, tapi juga karena tema yang berganti-ganti tergantung “mood” abang-abang, contohnya, awalnya kami disuruh berorasi tentang mahasiswa, kemudian berikutnya menyambungnya dengan tema palu, bayangkan, apa coba hubungannya palu dengan mahasiswa ?

Ternyata itu belum selesai, setelah berganti jadi palu, tema diganti lagi menjadi kaos kaki, pisang, dan akhirnya saya kebagian Sailormoon.Di pos ini, selain melatih kemampuan public speaking, mahasiswa FTTM juga dilatih bagaimana memandang sesuatu dari segi positifnya (positive thinking/husnuzhan) dan berlatih mencari relasi antara satu tema dan tema lainnya yang secara logika tidak ada hubungannya sama sekali.

Mahasiswa dan Sailormoon, awalnya saya pun bingung, apa hubungan keduanya, the power of kepepet, judul buku itu mungkin dapat menjadi salah satu acuan bagaimana saya bisa mencari keterkaitan antara keduanya, dalam keadaaan terdesak, manusia selalu dapat mengeluarkan kemampuan terpendamnya, melewati batas-batas logika berfikirnya.

Mahasiswa dan Sailormoon, relasi pertama, Sailormoon adalah seorang wanita tokoh kartun yang digambarkan sebagai seorang pahlawan atau dengan kata lain, dengan membenturkan nya dengan peran mahasiswa, mereka adalah agen perubahan (agent of change), sama seperti mahasiswa, dikatakan mahasiswa adalah agent of change, jadi disini mereka sama-sama agen perubahan, bedanya mahasiswa tidak perlu berganti kostum dan tidak menggunakan kekuatan bulan…haha…

Relasi  kedua, dalam menjalankan misi perdamaiannya, Sailormoon pasti memiliki teman-teman yang senantiasa membantu nya, dengan kata lain ia bekerja secara berkelompok, berjamaah, bersama-sama. Pun begitu dengan Mahasiswa, sama-sama kita saksikan bagaimana mahasiswa harus selalu bekerja kelompok dalam mengusung perannya sebagai agen perubahan. Percuma ketika mahasiswa membawa tema “Kami akan mengubah bangsa ini”, tetapi tema itu hanya dijalankan segelintir orang. Karena perubahan adalah kerja kelompok, kerja jamaah.

Jadi, ini opini yang saya ajukan terkait relasi antara Mahasiswa dan Sailormoon, apakah hubungan ini sepenuhnya tepat ? oh, jelas tidak, ini hanya pemikiran saya, Anda bebas memiliki pandangan sendiri. []

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s