Manusia pelupa

Akhir-akhir ini dunia pemberitaan ramai dengan berita tewasnya Osama bin Laden, seorang tokoh yang  -menurut Amerika- adalah otak utama dibalik peristiwa 11/9 satu dekade silam. Maaf lho ya kalo saya jadi sok-sok ngomongin peristiwa itu, maaf juga klo saya jadi sok tahu, padahal baru mahasiswa tingkat satu. Saya cuma ingin ngajak kita semua sadar akan fakta yang ada.

Malam setelah operasi Amerika menyatakan Osama tewas, Obama melakukan pidato –yang katanya bersejarah- salah satu poin yang dikatakan Obama adalah “ Malam ini saya dapat laporkan pada rakyat Amerika dan pada dunia bahwa AS telah melakukan satu operasi yang menewaskan Osama bin Laden, pemimpin Al-Qaeda, dan seorang teroris yang bertanggung jawab atas pembunuhan ribuan pria, wanita, dan anak-anak tidak bersalah.”

Maaf lho ya pak Obama, saya cuma ingin mendalami kata-kata Anda di bagian akhir, “pembunuhan ribuan pria, wanita, dan anak-anak tidak bersalah”. Maaf lho ya pak, bukannya saya sok tahu, saya cuma ingin tahu, lalu gimana operasi invasi Anda di Irak setelah peristiwa 11/9 itu ? maaf lho ya pak, setahu saya operasi Anda itu mengatasnamakan kedamaian, mencari senjata pemusnah massal, kok ga ketemu-ketemu ya pak, loh, operasi itu bukannya juga udah membunuh banyak wanita dan anak-anak tidak bersalah irak ya pak ? maaf lho sekali lagi pa, bukannya saya sok tahu.

Pada kesempatan malam itu Obama juga mendeklarasikan bahwa keadilan telah ditegakkan, satu dekade setelah serangan 11 September 2001. Maaf lho ya pak, kok saya jadi tertarik lagi mendalami kata-kata bapak yah, deklarasi kedamaian, loh, saya sangat yakin pak, pasti bapak mengerti loh apa makna kedamaian, lalu operasi bapak di Palestina –melalui Israel- giamana pak?  maaf lho ya pak, bukannya sok tahu, tapi jelas-jelas operasi itu telah membunuh ratusan pria, wanita bahkan anak-anak tak bersalah, belum lagi isolasi yang Anda lakukan kepada rakyat Palestina itu. Maaf lho ya pak, dimana kata-kata kedamaian yang Anda katakan, saya yakin lho pak, anda orang cerdas, mengerti makna integritas, kok ucapan Anda beda ya dengan perbuatan.

Jika kita gunakan logika akal sehat dan sedikit kalkulasi, faktanya apa yang dilakukan pemerintah Amerika yang –KATANYA- mengatasnamakan kedamaian, justru menimbulkan korban yang efeknya akan berdampak pada generasi-generasi korbannya. Ambil contoh Irak, Invasi itu bukan saja menimbulkan korban jiwa, tetapi juga merusak stabilitas politik, tatanan negara, infrastruktur dan secara tidak langsung mempengaruhi pangan di dalam negeri Irak, dan instabilitas-instabilitas itu membutuhkan proses yang sangat lama untuk pulih kembali, tentunya akan mempengaruhi generasi-generasi Irak selanjutnya.

Pun begitu dengan Palestina, isolasi yang dilakukan secara tidak langsung adalah proses pemusnahan massal masyarakat palestina, karena dampak nya yang sangat lama.

Maaf lho pak Obama, bukannya saya sok tahu, tapi saya hanya risih dengan kata-kata Anda akhir-akhir ini, saya rasa makna kedamaian itu belum berubah lho pak, mungkin Anda bisa gunakan kosakata lain untuk lebih “enak” saya dengar, atau mungkin Anda lupa kata-kata Anda bertolak belakang dengan perbuatan Anda.. Maaf lho..

Leave a Reply

