Ini anak UI, ITB mana nih ?

Sabtu 14 mei 2011, pagi itu saya kembali merasakan hawa pagi kota metropolitan, Jakarta, setelah melalui sebuah kebimbangan dan pertimbangan, akhirnya jum’at sore itu saya putuskan pulang ke Jakarta. Perjalanan 120 KM antara kota terbesar ketiga dan pertama Indonesia itu memakan waktu cukup lama, berangkat jam 3 sore, saya baru menginjakkan kaki di pelataran rumah pukul 22.30 malam. Setelah makan, mandi dan shalat, akhirnya saya langsung tidur.

Pagi hingga siang di Jakarta itu lebih banyak saya habiskan untuk tidur, sesekali duduk di halaman rumah melihat lucunya tingkah anak-anak tetangga, hingga terkadang membuka laptop.

Sore hari akhirnya saya memutuskan pergi ke sebuah Gramedia di mall yang cukup terkemuka di Jakarta barat, bahkan Jakarta. Iseng jalan-jalan, membaca komik naruto dan tentu saja mencari buku untuk bahan pengisi waktu perjalanan pulang di kereta nanti.

Setelah selesai membaca Naruto dan tanpa sengaja bertemu teman SMA, saya beralih dari etalase tumpukan komik ke etalase tumpukkan buku Manajemen. Sedikit bercerita, sebenarnya sejak awal saya sudah memiliki target buku yang akan saya beli, yaitu buku seputar manajemen mulai dari buku karangan Rhenald Kasali ( Change, Myelin), Toyota way hingga Good to Great karangan Jim Collin. Tapi untuk good to great karangan Jim Collin, sepertinya memang tidak akan saya temukan di toko buku Gramedia. Maka pilihannya hanya buku-buku Rhenald Kasali atau Toyota Way, dan ketika sampai di tumpukan buku-buku Manajemen, kebetulan buku-buku incaran saya itu berada berdekatan, dan setelah menimang-nimang akhirnya saya pilih buku Change nya Rhenald kasali.

Ini Intinya

Anggaplah beberapa paragraf diatas sebagi sekadar intermezo, latar belakang ke arah inti tulisan ini, jadi inti gagasan yang akan saya sampaikan sebenarnya berada setelah ini..^^

Beberapa saat sebelum berjalan kearah Kasir, mata saya tertuju pada sebuah buku, berwarna kuning tampak mencolok, dengan judul “Ekonomi Indonesia di Mata Kaum Muda UI”, saya tertarik untuk mengetahui buku apa itu, saya ambil dan sedikit membuka-buka mencoba menghilangkan rasa keingintahuan saya ini.

Salut dan kagum !

Itu pikiran saya setelah membaca sekilas buku itu, kumpulan pikiran teman-teman Mahasiswa UI, ada yang angkatan 2007 atau pun 2008, dan yang lebih unik lagi, meskipun bahasannya tentang ekonomi, salah satu penulisnya adalah mahasiswa Teknik sipil.

Dalam latar belakang nya, teman-teman UI diwakili oleh salah satu penulisnya menuliskan bahwa Mahasiswa dikatakana selalu turun ke jalan menyuarakan aspirasi rakyat, tapi tidak dekat dengan rakyat, keberadaan mahasiswa kini lebih identik dengan stigma negatif, hanya jago retorika tanpa aksi nyata. Dengan hadirnya buku tersebuit mereka ingin membuktikan bahwa mahasiswa pun mampu berkarya untuk bangsa, memikirkan dan mencari solusi bagi permasalahan bangsa khususnya dibidang ekonomi, mereka juga ingin menghapus stigma negative masyarakat terhadap mahasiswa.

Sebelum menaruh kembali buku itu ke tempat semula sempat terpikir, ini anak UI, ITB gimana nih ?

Leave a Reply

