Sebuah ide Latarbelakang FSLDKN 2012

Tema : Demokrasi dalam perspektif Islam

Latar Belakang

Demokrasi memang akan menjadi tema yang selalu unik untuk dibahas, belum lagi jika dibenturkan dengan perkembangan gerakan-gerakan islam yang semakin pesat di Nusantara kini. Diskursus tentang demokrasi akan semakin hangat dalam pembahasannya. Disatu sisi ada pihak yang secara ekstrim menolak terang-terangan sistem ini, karena dinilai bertentangan dengan syariat-syariat islam, disisi lain, ada pihak yang begitu mengagungkannya.

Lalu, bagaimana sebenarnya demokrasi dalam pandangan islam ?

3 dekade sudah tarbiyah berlangsung, menjadi sangat penting mengetahui makna demokrasi ini dalam kacamata islam. Karena dengan mengetahui bagaimana islam memandang demokrasi, akan semakin memudahkan dan meyakinkan kita dalam mengembangkan sayap-sayap dakwah dalam sistem demokrasi ini.

Mengapa tema ini harus diangkat dalam FSLDKN 2012 nanti ?

FSLKN 2012, adalah sebuah momentum yang akan dijadikan pembahasan dan penyatuan sikap gerak langkah LDK se-Indonesia dalam beberapa tahun kedepan, dan tentunya ini akan berdampak pada penyikapan kader dakwah dalam PEMILU Presiden RI 2014 nanti.
PEMILU Presiden merupakan bagian besar dari sistem demokrasi, maka menjadi penting mengetahui demokrasi dalam perspektif islam. Selain itu, esensi FSLDKN 2012 ini adalah ajang pembuktian keberadaan kader dakwah, kita ingin agar kader dakwah diakui keberadaannya, diakui kontribusi dan perannya. (info dari kang adjie). Maka optimalisasi peran dan kontribusi itu tentu akan lebih terasa jika kita memahami bagaimana seharusnya menyikapi demokrasi ini.

Tujuan :

• Agar kaum muslim umumnya dan kader dakwah khususnya dapat mengetahui bagaimana sebenarnya Islam dalam menyikapi demokrasi.
• Dengan pemahaman yang mendalam diharapkan ada semangat lebih dan gerak langkah yang pasti dari kader LDK dalam kontribusi nya dibawah system demokrasi ini.

*disampaikan saat syuro Tim inti FSLDKN 2012

2 thoughts on “Sebuah ide Latarbelakang FSLDKN 2012

  1. Ditambah, Bisa dilihat kambali tema FSLDKN 15 Kemerin di maluku,,sebagai acuan gitu..

    Saif (Al-Ikhwan Unpatti Ambon)

  2. iya akh..

    sebenernya waktu itu semua tim Inti FSNAS ngasi ide tema dan akhirnya setelah syuro dipilih suatu tema (bukan ide tema an)…

    salam kenal akh, salam ukhuwah…

    oiy, an butuh banyak belajar dari kepanitian FSNAS tahun lalu nih..^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s