GEMA: ITB PEDULI

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

GEMA: ITB PEDULI
Gerakan Edukasi Mahasiswa, seperti judulnya ini adalah sebuah gerakan. Gerakan edukasi, pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa ITB tentunya. Dan untuk yang ini bertajuk, ITB Peduli.

ITB Peduli sendiri merupakan kegiatan GEMA yang dilakukan dalam rangka berbagi, meningkatkan kepedulian sosial dari masyarakat ITB sendiri.

Seperti dalam sebuah hadits, Rasulullah saw “Barangsiapa yang menghilangkan kesulitan sesama muslim, maka Allah akan menghilangkan darinya satu kesulitan dari berbagai kesulitan di hari kiamat kelak” (HR. Bukhori).

Untuk itu, bismillah. Untuk berbagi kebahagiaan bersama sesama muslim, untuk sekaligus menebarkan nilai-nilai Islam, dan yang paling penting untuk ridha Allah swt. Dilakukan-lah kegiatan ITB PEDULI.

ITB Peduli sendiri terdiri dari dua rangkaian acara. Pertama ITB untuk Senyum Anak Negeri, kedua adalah Gerakan 1000 Buku.

ITB untuk Senyum Anak Negeri adalah sebuah rangkaian kegiatan yang dilakukan kepada anak-anak jalanan dari Rumah Belajar Sahaja Cimahi. Kegiatannya berupa pembinaan-pembinaan yang dilakukan oleh para panitia, untuk kembali mengingatkan anak-anak jalanan tersebut kepada Allah swt. Pembinaan yang dilakukan berupa pelatihan wudhu, shalat, dan kadang diselipi belajar hal lain (3, 10, 22 April 2011). Selain itu, anak-anak jalanan tersebut pun mengikuti kegiatan Tour ITB (23 April 2011). Tour ini mengajak anak-anak tersebut memasuki ITB dan melihat beberapa hasil karya dari ITB, tujuannya adalah untuk membuat anak-anak tersebut lebih termotivasi untuk bangkit dan berani berkarya. Selanjutnya anak-anak diberi semacam pelatihan karya (14, 17 Mei 2011). Pelatihan yang dibantu oleh pengurus Rubel ini, bertujuan untuk mempersiapkan karya-karya yang akan anak-anak tampilkan pada Supertalkshow GEMA (22 Mei 2011). Karya yang mereka tampilkan adalah bernyanyi bersama kemudian menampilkan kerajinan-kerajinan tangan mereka. Tujuannya adalah agar penampilan mereka saat itu bisa menginspirasi massa ITB yang menonon Supertalkshow, dan juga menarik donatur. Dan Alhamdulillah Rubel pun mendapat bantuan dana dari Wardah senilai 10 juta rupiah, dan bantuan kornet juga dari Rumah Zakat senilai 2,5 juta rupiah. Alhamdulillah..

Selain itu, donasi yang diberikan pada Rubel juga didapat dari sumbangan massa kampus ITB melalui amplop kencleng yang selama beberapa minggu beredar. Bentuk propaganda yang dilakukan pada massa kampus adalah melalui Buletin Gema, yang berisi cerita kegiatan selama mengajar di Rubel, dan juga melalui Poster Gema, berupa wajah salah satu anak jalanan.

Gerakan 1000 Buku adalah kegiatan pemberian 1000 buku kepada 10 sekolah yang ada di Garut, Ciwidey, Soreang, dan Bandung. Masing-masing sekolah diharapkan mendapatkan 100 buku. Buku-buku ini berupa buku pelajaran, buku pengetahuan umum, dan cerita-cerita Islam. Tujuan dari G1000B ini adalah untuk berbagi dan menyebarkan nilai-nilai Islam kepada SD-SD tersebut, karena SD-SD yang dipilih adalah SD dengan anak-anak yang tidak mampu atau bahkan SD-nya sendiri yang tidak mampu. Diharapkan agar siswa-siswi SD tersebut pun tetap senantiasa bersyukur karena mereka masih bisa bersekolah, dibandingkan dengan anak-anak jalanan di luar sana yang tidak bisa bersekolah. Dan mereka pun diharapkan lebih termotivasi untuk belajar dan tetap senantiasa bersyukur. Kegiatan ini alhamdulillah sudah dilaksanakan pada SD IV Pelesiran, Bandung (16 Juni 2011). Namun, SD yang lain belum diberikan buku, karena buku yang dibutuhkan masih sangat kurang. Sekarang masih ada sekitar 100 buku, insyaAllah akan disalurkan ke Soreang terlebih dahulu. Namun, bagaimana nasib SD-SD yang lain? Bismillah. Kami insyAllah masih terus menerima sumbangan buku-buku dari teman-teman sekalian. Pengumpulan buku ini dilakukan sampai dengan tanggal 3 Juli 2011. Namun, dari donatur masih diusahakan. Bagi yang akan menyumbang, silakan hubungi CP berikut.
Azis (085220293460); Uli (085220422404)

Atau transfer ke Rekening Bank Muamalat 101 273 78 22 atas nama Zanzabila Avia QQ Gamais Peduli

Ya, begitulah ITB Peduli. Sebuah langkah kecil untuk sedikit berbagi dengan apa yang kita punya saat ini. Untuk sedikit menyebarkan pula nilai-nilai Islam pada sesama. Semoga apa-apa yang kita semua lakukan ini mendapat ridha-Nya. Dan semoga bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Aamiin.

Jazakallah khair.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

#sumber : Grup GEMA ITB 2011 oleh Alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s