Ibumu, Ibumu, Ibumu, ayahmu

Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar sebuah ungkapan yang berbunyi “dibalik lelaki hebat pasti ada wanita hebat”. Saya kurang paham dengan redaksi pastinya, tapi intinya selalu ada wanita hebat dibelakang lelaki hebat. Khadijah lah yang menyelimuti dan menenangkan Rasulullah ketika beliau menggigil dan ketakutan dalam proses menerima waktu untuk pertama kalinya. Dibalik sosok Soekarno kita mengenal nama Inggit Garnasih yang selalu memberikan kekuatan Soekarno di zaman pergerakan Indonesia dan yang baru-baru ini ramai diperbincangkan adalah sentral nya peran seorang ibu ainun dalam kehidupan sang maestro teknologi, Habibie.

***

Sering sekali mendengar ungkapan itu, tetapi mungkin baru beberapa hari terakhir ini saya benar-benar dapat meresapi maknanya. Yah, di momen-momen menjelang lebaran inilah makna itu terang benderang dapat saya saksikan. Sesosok wanita yang bekerja paling ulet, paling rajin, dibalik wajahnya yang mulai senja. Ia adalah ibu saya. Ketika beberapa hari menjelang lebaran, praktis ibu saya yang paling sibuk, menyiapkan makan sahur, membuat kue, mengurus baju keluarga, menyiapkan sedekah malam sebelum lebaran, beres-beres rumah dll.

Malam hari sebelum lebaran, ketika kami sekelurga tertidur, beliau lah dengan tanpa lelah nya membereskan rumah dan hebatnya beliau tidak pernah mengeluh. Apakah memang sosok semua ibu seperti itu yah, lembut dan mau berkorban demi keluarganya.

Inilah wujud nyata, mengapa ketika salah seorang sahabat bertanya “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak untuk kupergauli dengan baik?”

Rasulullah berkata, “Ibumu.” Laki-laki itu kembali bertanya, “Kemudian siapa?”, tanya laki-laki itu. “Ibumu”, jawab beliau, “Kemudian siapa?” tanyanya lagi. “Kemudian ayahmu”, jawab beliau.” (HR. Al-Bukhari no. 5971 dan Muslim no. 6447).

Maka, yuk dikesempatan ini saya ingin mengajak kita semua terutama saya pribadi, untuk lebih berbakti kepada kedua orang tua kita, terutama ibu.

Selagi kita masih bisa melakukannya.

 

29 Ramadhan 1432 H

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s