Konsepsi KM ITB di mata Tambang 2010 – BAB II (Definisi Konsepsi KM ITB)

BAB II
DEFINISI KONSEPSI KELUARGA MAHASISWA ITB

 

2.1 Definisi Konsepsi Keluarga Mahasiswa ITB

Konsepsi secara mendasar adalah falsafah dasar suatu lembaga. Dari definisi konsepsi itu Konsepsi Keluarga Mahasiswa ITB atau yang biasa juga dikenal sebagai Konsepsi Organisasi Kemahasiswaan Keluarga Mahasiswa ITB adalah falsafah dasar atau aturan yang mengatur alur organisasi kemahasiswaan di ITB. Pada Konsepsi KM ITB dijelaskan kebutuhan dasar mahasiswa meliputi tiga hal, yaitu pendidikan, kesejahteraan dan aktualisasi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dan memenuhi tujuan pendidikan ITB, maka diperlukan suatu sistem yang mendukung ketercapaian hal-hal tersebut secara adil, sistematis, efisien dan efektif. Di ITB sendiri sistem itu berbentuk KM ITB.
KM ITB sendiri beranggotakan seluruh mahasiswa S-1 ITB dan berbasis pada Himpunan Mahasiswa Jurusan. KM ITB berada pada sistem ITB akan tetapi secara struktural tidak berada di bawah rektor dan memiliki otonomi penuh untuk menentukan kehidupan organisasinya.

Ada 5 kelengkapan organisasi KM ITB :

 

1. Kongres
Merupakan perwujudan kedaulatan tertinggi dalam organisasi kemahasiswaaan ITB. Kongres KM ITB terdiri perwakilan (senator) dari Himpunan Mahasiswa Jurusan. Kongres KM ITB memegang peranan tertinggi dalam KM ITB mencakup penentuan dan pengawasan atas pelaksanaan orientasi kehidupan organisasi kemahasiswaan.

 

2. Kabinet
Kabinet KM ITB adalah badan eksekutif pelaksana program-program yang sesuai dengan mandat anggota KM ITB yang direpresentasikan Kongres KM ITB. Kabinet KM ITB bertanggung jawab kepada Kongres KM ITB. Kabinet berwenang mengambil kebijakan yang dianggap perlu bagi kemahasiswaan KM ITB.

 

3. Himpunan Mahasiswa Jurusan
HMJ merupakan badan kelengkapan KM ITB di tingkat program studi yang memiliki ciri dan karakteristik khas sesuai dengan keilmuan program studinya. HMJ bersifat otonom dan berkewajiban mengirimkan senator pada Kongres KM ITB serta memberikan sumber daya kepada Kabinet atau KM ITB untuk program kemahasiswaan terpusat. HMJ memiliki hubungan koordinasi dengan kabinet.

 

4. Unit Kegiatan Mahasiswa
UKM merupakan badan kelengkapan KM ITB yang mengakomodasi kebutuhan dan pengembangan terkait minat, bakat, kreasi dan hobi spesifik mahasiswa. UKM bersifat otonom di dalam struktur KM ITB, dan memiliki hubungan koordinasi dengan kabinet.

 

5. Tim Beasiswa
Tim Beasiswa adalah badan independen eksekutif yang dalam kegiatannya bersifat sosial dan tidak politis. Tim beasiswa bertanggung jawab kepada Kongres KM ITB dan seluruh mahasiswa ITB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s