Kaderisasi yang mengajarkan banyak hal

Yap, 6 bulan sudah proses kaderisasi saya dan kawan-kawan Tambang 2010 berjalan, dan semua akan indah pada waktunya, adagium itu akhirnya benar-benar terbukti, 17-18 Desember 2011 adalah saksi sejarah pelantikan kami. Dan jelas 6 bulan ini sudah mengajarkan banyak hal, menyisahkan banyak cerita dan meninggalkan sejuta pelajaran.

InsyaAllah artikel ini akan menceritakan sedikit pelajaran yang saya dapatkan dari proses kaderisasi ini dan Karena ini dari sudut pandang saya, maka sangat subjektif, jika kalian memiliki pendapat lain, monggo di share .

1. Move from your comfortable zone
Di awal proses kaderisasi ini, saya termasuk salah satu orang yang sering kabur-kaburan atau bahasa kasarnya, beban angkatan. Move from your comfortable zone, Dalam beberapa buku pengembangan diri, keluar dari zona nyaman merupakan sebuah menu yang selalu di sajikan sebagai syarat kesuksesan seseorang, orang-orang itu harus mencoba keluar dari zona, komunitas, teman, dan keadaan dimana mereka merasa nyaman. Dan proses kaderisasi ini benar-benar mengajarkan itu kepada saya, setelah suatu kejadian di awal proses kaderisasi ini, akhirnya saya intropeksi diri, , sejak itu saya berusaha menyesuaikan “suhu” saya dengan lingkungan baru ini, memang tidak mudah, tapi percayalah, manusia adalah makhluk paling cepat dalan hal adaptasi.

2. Jangan mau di bodohin lu udah dewasa

Sejatinya kaderisasi adalah proses peningkatan kapasitas diri seseorang, tapi entah mengapa banyak proses kaderisasi atau ospek identik dengan perploncoan, bullying dan sejenisnya.
Di proses kaderisasi kami, kami selalu ditekankan, kaderisasi ini bukan untuk membodohi kami, maka secara tersirat dan tersurat kami selalu diajarkan untuk bertanya esensi dari hal-hal yang kami lakukan, ESENSI nya APA ?
jangan mau dibodohin, Lu udah dewasa.
*meskipun begitu, masih ada beberapa poin yang harus diperbaiki dari poin ini (poin ini belum sempurna..hhe)

3. Bukan Cuma manajemen waktu yang baik, tapi juga efektif

Selesai kaderisasi jam 12 malem, Evaluasi internal angkatan, dan besok harus ngumpulin tugas jam 7 pagi, kapan waktu tidur nya ? belajar gimana ?
Jadi, ini bukan tentang manajemen waktu yang baik bung, mari buat manajemen waktu yang efektif..(dan ternyata saya belum bisa..ckck)

4. Dapet Keluarga Baru

JELAS, sejelas sinar mentari di siang hari (??). Tujuan utama kaderisasi selain meningkatkan kapasitas diri kader adalah meningkatkan rasa kekeluargaan diantara kader, waktu 6 bulan dengan intensifnya pertemuan, ditambah emosi yang kerap kali muncul jelas membuat saya mengenal karakter keluarga baru ini, Tambang 2010. Bahkan, karena intensifnya pertemuan, saya jadi tahu, mana temen yang suka tidur duluan, tidur ngorok, dll..
haha..

5. Detail Oriented

Intinya, kerjain tugas sebaik-baiknya, jangan diremehin.

6. Tidur lo masih lama, kurangin lah

Ini yang paling krusial dari diri saya, dari kecil saya tipe orang yang jam 9-10 sudah tidur, dan di kaderisasi ini, itu sudah tidak berlaku, bahkan waktu tidur 4 jam sudah termasuk lama, tak jarang harus melek sampe pagi.
Diawal proses ini, saya benar-benar belum bisa beradaptasi, kebiasaan selama 17 tahun ini harus diubah total dalam waktu beberapa hari, praktislah untuk bertahan ngerjain tugas kaderisaasi, diawal-awal saya bawa Kopi 1 botol, yah lumayan, cukup ampuh..

7. Speak Under Pressure

Bicara di tengah kondisi nyaman adalah hal biasa, bicara dengan di teriakin orang-orang sekitar, dengan jangka waktu beberapa detik adalah hal yang sulit, dan dalam proses kaderisasi inilah itu diajarkan. Konsekuensi, konsekuensi dan Konsekuensi. Setiap interaksi pasti ada aja yang salah, entah itu spek, gak hafal materi atau tugas. Dan jelas, pertanyaan selanjutnya, APA KONSEKUESINYA WOOOIII?
akan gampang kalo konsekuensi yang kita ajukan langsung diterima,dalam proses ini, mungkin baru konsekuensi yang kesekian kami diterima, selama kami berpikir, biasanya ada aja temen kami yang dihukum, sehingga kami dipaksa mikir cepet biar temen kami tidak semakin lama dihukum.
dan nyari konsekuensi itu gak mudah, apalagi di bawah tekanan..

8. Diskusi Bareng Pejabat Kampus

Saya cukup berbangga dengan yang satu ini, jurusan saya adalah satu-satunya jurusan yang mengundang peinggi-petinggi kampus untuk mengkaji sesuatu hal, Kang Fikri (Ketua Kongres 2009), Syarif Rousyan Fikri (PJS MWA WM), Tizar Bijaksana (Presiden KM 2011), Abram (Menteri Kajian Strategis Kabinet) adalah beberapa nama yang sempat merasakan nikmatnya duduk di DPR untuk kami undang mencerdaskan kami. Dan Alhamdulillah ya, saya selalu dipercaya jadi MC nya, meskipun kadang kikuk juga…
*FYI, DPR (Dibawah Pohon Rindang) = tempat anak tambang biasa kumpul..

9. Jangan Cuma kritis, Solutif donk

Betapa banyak kritikus di dunia, kritikus yang hanya bisa mengkritik tanpa bergerak beraksi, tanpa punya solusi. Dan kaderisasi ini mengajrkan kami untuk kritis dan solutif, lo gak setuju sistem ini, solusi lu apa ? lo udah salah, konsekuensinya apa ?
Saya tidak menafikkan proses kaderisasi bukanlah sesuatu yang sempurna, pasti masih terdapat kekurangan didalamnya, dan memang proses ini harus terus menyesuaikan dengan kondisi kontemporer saat ini, jika di era 98 fisik sangat ditekankan, masihkah saat ini hal itu diperlukan ?
Sesuai bagian akhir dari Konsepsi KM ITB,

Hal yang menjadi salah satu karakter organisasi adalah kemampuan untuk beradaptasi dan terbuka pada segala perubahan yang terjadi. Membentuk struktur yang sangat akomodatif seperti itu sangat sulit, bahkan tidak akan mungkin tercapai. Oleh karena itu, jalan lain untuk membuat agar organisasi kemahasiswaan bersifat adaptif dan fleksibel adalah dengan memberikan kemudahan pada mekanisme perubahan organisasi, baik itu visi, orientasi, maupun strukturnya. Struktur yang telah terbentuk jangan disakralkan, karena struktur adalah alat yang sering juga malah membatasi. Sekali lagi, berikan kemudahan bagi mekanisme perubahan organisasi !

Maka begitu juga proses kaderisasi ini, harus terus berubah dengan tidak menghilangkan substansi dari kaderisasi itu sendiri.

Salam Hangat

Denny Reza Kamarullah
12110011
HMT..HMT..HMT..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s