21 Mei 2012

Seharusnya tidak ada yang istimewa hari ini, semua datar dan biasa. Tapi paling tidak mala ini kebiasaan itu mulai saya hidup kembali.
George Santayana, filosof Spanyol “ those who fail to learn the lessons of history are doomed to repeat them” kurang lebih itu mengartikan seseorang yang tidak mengambil pelajaran dari sejarah (masa lalu) dipastikan akan mengulangi sejarah itu.

 

Hal itu kembali ditambahkan oleh seorang dermawan dan sosialis Belanda, George Bernard Shaw, “Manusia merupakan makhluk yang unik dan agak aneh, sekalipun sejarah selalu berulang, manusia sangat sulit, bahkan tidak mampu , untuk tidak mengulangi sejarah yang buruk (If history repeats itself, and the unexpected always happens, how incapable must man be of learning from experience).

 

Membaca teori tidak mengartikan seseorang serta merta lancar dalam implementasi, bahkan ketika sudah mahir dalam praktek pun bukan tidak mungkin kita akan melakukan kesalahan.

 

Akhir-akhir masa kuliah ketika nilai-nilai angker itu mulai muncul merupakan masa refleksi bagi mahasiswa, meskipun umumnya sudah mengambil hikmah dari semester sebelumnya dan sudah mengazamkan kuat-kuat tekad perbaikkan, tetap saja kadang akhir cerita tak sebaik yang diharapkan.

 

Dalam runtutan pembuatan sebuah program, dikenal istilah POAC (Planning, Organizing, Action dan Controlling). Saya selalu terhenti pada 2 langkah awal, entah yang ke-3 dan ke-4 hanya tercapai sedikit atau tidak sama sekali.

 

Ini pelajaran, tapi ah yasudahlah, toh saya faham usaha akan berbanding linier dengan hasil !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s