Kepemimpinan Profetik #CAA

By : Bachtiar Firdaus

 

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah...[QS. ‘Ali Imran, 3: 110]

 

Perbincangan tentang kepemimpinan semakin hari semakin santer, krisis yang dihadapi dunia dan khususnya Indonesia saat ini dinilai beberapa kalangan karena krisis kepemimpinan. Di era modern ini, pada dasarnya mempelajari teori-teori kepemimpinan bukanlah hal sulit, karena semakin hari buku-buku kepemimpinan semakin jamak di temui di etalase toko-toko buku. Lalu sebenarnya apa yang membedakan kepemimpinan profetik dengan kepemimpinan lainnya ? Menurut Pak Bachtiar, kepemimpinan Profetik adalah kepemimpinan yang membebaskan penghambaan kepada manusia hanya kepada Allah SWT. Artinya poin perbedaan antara kepemimpinan profetik dengan kepemimpinana lainnya adalah kepemimpinan profetik tidak hanya membawa misi dunia, namun Ia juga membawa misi akhirat.

 

Mengutip pernyataan Alm. Prof. Dr. Kuntowijoyo, Kepemimpinan Profetik adalah kepemimpinan profetik adalah kepemimpinan yang membawa misi humanisasi, liberasi, dan transendensi. Hal ini didasarkan pada QS. Ali Imran : 110. Dan berdasarkan Ali Imran 110 itu, maka kepemimpinan profetik dibagi menjadi 3 bagian :

 

1. ta’muruna bil ma’ruf, yang diartikan sebagai misi humanisasiyaitu misi yang memanusiakan manusia, mengangkat harkat hidup manusia, dan menjadikan manusia bertanggung jawab atas apa yang telah dikerjakannya

 

2.  tanhauna ’anil munkar yang diartikan sebagai misi liberasi, yaitu misi membebaskan manusia dari belenggu keterpurukan dan ketertindasan.

 

3.  tu’minuna Billah yang diartikan sebagai misi transendensi, yaitu manifestasi dari misi humanisasi dan liberasi yang diartikan sebagai kesadaran ilahiyah yang mampu menggerakkan hati dan  bersikap ikhlas terhadap segala yang telah dilakukan.

 

Dalam Konteks Peserta PPSDMS, maka tiap-tiap peserta harus memenuhi profil Kepemimpinan Profetik yang ditumuskan dalam 4 karakter peserta PPSDMS, yakni :

 

  1. Setiap peserta PPSDMS adalah AKTIFIS ISLAM.
  2. Setiap peserta PPSDMS adalah AKTIFIS PERGERAKAN tingkat wilayah dan tingkat nasional
  3. Setiap peserta PPSDMS adalah MAHASISWA BERPRESTASI, keseimbangan antara Prestasi Akademik – Prestasi Organisasi – Prestasi Kejuaraan – Prestasi Menulis.
  4. Setiap peserta PPSDMS menjunjung tinggi KEBERSAMAAN dan KEKELUARGAAN.

 

Selain itu, pak Bachtiar juga meminta setiap peserta PPSDMS memiliki karakter Objektif, Moderat, Open Mind dan Rendah Hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s