Tadabur Al Insyirah (Catatan Tahfizh Quran)

Dalam sebuah sabdanya Rasulullah pernah mengatakan bahwa “Barangsiapa yang amal hari ini lebih baik dari hari kemarin maka termasuk orang yang beruntung, dan jika amal hari ini sama dengan amal hari kemarin maka tergolong orang yang rugi, dan apabila amal hari ini lebih buruk dari hari kemarin adalah termasuk orang yang celaka.” Hal ini mengartikan bahwa bagi seorang muslim, setiap hari adalah sebuah perbaikan diri.
“Maka apabila engkau telah selesai (dari sesuatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain). dan hanya kepada Tuhan-mulah engkau berharap”. QS. Al Insyirah: 7-8
Ayat ini mengandung beberapa poin penting bagi perencanaan kehidupan seorang muslim, yakni :

 

1. Planning (Perencanaan)

Kehidupan seorang muslim harus dilakukan dengan terencana dan professional, contoh simpelnya adalah bagaimana seorang muslim membuat perencanaan kehidupannya untuk esok hari pada malam harinya, menuliskan apa yang akan dilakukan dan mempersiapkan segala sesuatunya.

 

2. Bersungguh-sungguh dalam amal/ fokus
Sebuah amal yang baik adalah amalan yang dilakukan pada waktu yang tepat. Sebagai contoh, membaca Quran dianatara waktu iqomah dan adzan memang baik, tetapi amalah yang paling tepat adalah berdoa, karena diwaktu itulah doa kita di ijabah Allah SWT.

 

3. Evaluasi amal yang dilakukan
Para Khalifatur Rasyidin.biasa melakukan evaluasi terhadap diri mereka sebelum mereka beranjak tidur, evaluasi berguna sebagai pelajaran apa-apa yang sudah dilakukan hari itu dan bagaimana keberjalannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s