Ada apa di Family Meeting PPSDMS Bandung Malam ini ? Yuk Simak

Aura dingin masih menyelimuti Bandung male mini, turunnya hujan beberapa saat lalu semakin menurunkan suhu kota kembang. Namun, nyatanya dinginnya malam tak membuat sunyi hiruk pikuk asrama PPSDMS Bandung di selasa malam ini. Memang tidak seperti biasanya, selasa malam aula  asrama ini diisi dengan Family Meeting, agenda mingguan Bandung Boys yang di setting senin malam. Mau bagaimana lagi, suhu Bandung Boys yang sedang sangat semangat menyelesaikan Paper Turki dan Deadline yang semakin dekat memaksa Kang Deden selaku supervisor mengiyakan untuk menunda FM menjadi malam ini. Tapi, tentu berpindahnya waktu FM tidak mengendurkan semanagt Bandung Boys untuk membahas bagaimana gerak langkah kita di 4 bulan kedepan.

 IMG_1543
Paska melewati fase Prestasi selama 4 bulan sebelumnya dibawah Kabinet Inisiatif Denny dkk, fase selanjutnya dibawah Kabinet Kemenangan Arief Nur dkk Ppsdms Bandung menginjak fase Kontribusi. Maka, fokus kabinet Arief lebih banyak tercurah pada bagaimana melakukan kontribusi secara komunal asrama melalui community developmentmaupun community service.
 
 
Family meeting malam ini dimulai dengan pembahasan dan diskusi apakah kita akan melakukan community development (comdev) atau community service (gerakan) dibawah kabinet baru ini. Opini pertama dimulai dari Faqih, Mahasiswa Hukum Unpad Angakatan 2011 ini menilai gerakan akan lebih berdampak, karena Ia menilai, berkaca pada gerakan mahasiswa di era 1998, gerakan menghasilkan perubahan yang besar. Opini selanjutnya disampaikan sang mantan Presiden yang kini menjadi rakyat jelata, Denny menilai, melihat dari tingkat kebermanfaatan dan ukurannya,community development dianggap lebih cocok untuk diterapkan untuk kontribusi komunal PPSDSMS Bandung, namun Denny juga menekankan, harus melihat jangka panjang 4 bulan kedepan, bagaimana siklus kesibukan akademik peserta. Tiba-tiba, dalam diamnya, Ale yang akhir-akhir ini banyak berkecimpung dalam mengajar di Ciparay mengatakan,  community service ataupun community development baginya tidak masalah, yang terpenting adalah jangan pernah melupakan adik-adik di Ciparay.
Setelah penarikan aspirasi, beberapa peserta kembali menyampaikan pendapat.
Madi memberikan gambaran, bahwa contoh gerakan adalah seperti Bandung Berkebun yang awalnya hanya ada di bandung namun kita menyebar ke seluruh Indonesia.
Diakhir diskusi, Kang Deden, selaku supervisor memberikan sebuah arahan bagaimana seharusnya arah gerak kita 4 bulan kedepan.
Dengan setting memadamkan pencahayaan aula, slide Power Point Kang Deden dimulai dengan sebuah hentakan Optimisme.

“Secercah harapan bagi peradaban”

Selanjutnya kang deden menjelaskan bahwa terdapat 2 poin penting perbedaan antara Community Development danCommunity Service.
 
 
1.
·         Community Service fokus pada perbuatan
·         Community development fokus pada keberlanjutan
2.
·         Community service fokus pada penglihatan
·         Community development fokus pada pengukuran
Diakhir, Kang deden menekankan bahwa terdapat 4 hal yang harus dipahami dalam mengisi fase kontribusi ini.
1. Bermanfaat
Jelas, inti dari kontribusi yang akan kita lakukan adalah bagaimana nilai kebermanfaatan yang akan diberikan. Maka, pilihan model kontribusi yang akan diimplementasikan harus diukur dari seberapa besar kebermanfaatan yang akan dihasilkan.
2. Kontinu
Kang Deden menganalogikan 4 kali 1 lebih baik daripada 1 kali 4. Artinya 4 kali pertemuan dengan tiap pertemuan 1 jam lebih baik daripada 1 kali pertemuan langsung 4 jam.
3. Kolaborasi
Agenda Kontribusi ini harus dapat memanfaatkan seluruh potensi individu di Asrama ini, pun dengan stakeholders yang ada.
4. Publikasi
Kang Deden mengatakan
Pencitraan adalah  aktitas yang bukan rutinitas, sedangkan kerja=kerja nyata wajib untuk dipublikasikan, karena itulah inspirasi, bukan pencitraan.
 IMG_1545
Demikianlah sekelumit kisah asrama kehangatan dan perjuangan PPSMDS Bandung Malam ini, bagaimana kisahmu mala mini kawan?
“Kalau kau bertanya prestasi, maka tanyakan seberapa besar kontribusi dan kebermanfaatanmu”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s