Bingung-Bingung di Bandara? Ini langkah-langkahnya…

Semakin mahal sebuah benda, entah mengapa semakin rumit juga sistem penggunaannya. Begitu juga dengan transportasi. Semakin rumit dan tingginya teknologi yang digunakan, maka semakin rumit pula manajemen operasionalnya. Anda yang suka melakukan perjalanan, pastinya pernah merasakan bagaimana kebingungan melanda, what should I do? Entah di Terminal, Stasiun apalagi di bandara. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing, bagaimana langkah-langkah keberangkatan di Bandara.

Pada perjalanan ini, tujuan akhir saya adalah Istanbul, tetapi Qatar Airways, maskapai yang saya gunakan tidak langsung menuju Istanbul, tetapi akan transit terlebih dahulu di Doha, Qatar. Pemesanan tiket saya lakukan via online menggunakan BCA paypal seorang kakak kelas, setelah melakukan reservasi online, maskapai akan mengirimkan beberapa file ke email anda, yang cukup anda print out dan anda bawa adalah print out tiket saja.

Penerbangan internasional, di terminal berapa ya?

Bandara Internasional Soekarno Hatta dipartisi menjadi 3 bagian terminal :

  • Terminal 1 untuk Penerbangan Domestik Kecuali Garuda dan Merpati
  • Terminal 2 untuk Penerbangan Internasional dan Domestik oleh Garuda dan Merpati
    • Terminal 2D dan 2E untuk penerbangan Internasional maskapai luar dan 2F Penerbangan domestik garuda nda merpati
  • Terminal 3 untuk pesawat baru penerbangan murah Low Cost Carrier

Nah, anda cukup menyesuaikan saja, karena penerbangan saya Adalah Internasional dan maskapai luar,  jadi saya harus menuju Terminal 2 antara 2D atau 2E. Cukup ikuti penunjuk jalan, cukup jelas ko.🙂

Setelah itu, saya Anda masuk ke Seccurity check dengan menunjukkan E-tiket yang sudah Anda print out dan ikuti prosedurnya. Letakan barang Anda di meja rolling X-ray dan Anda memasuki pintu pemeriksaan.

IMG_2726 IMG_2728

Setelah selesai melewati security check, bergeraklah menuju antrian check-in, di tempat ini ada beberapa hal yang harus anda lakukan;

  1. Menunjukkan passport Anda kepada petugas
  2. Meletakkan Bagasi Anda
  3. Membayar Airport Tax (Pajak bandara) sebesar Rp.150 ribu

Di area check in ini, petugas akan melabel tas Anda dan akan memberikan boarding pass yang didalam tercantum no kursi, boarding gate dan no pesawat. Pastikan Anda tidak menghilangkan bording pass yng sudah diberikan.

Tips, jangan ragu untuk bertanya hal-hal yang Anda bingungkan kepada petugas di tempat ini, karena mereka akan dengan sukarela menjelaskan kepada Anda segala kebingungan Anda.

IMG_2725 IMG_2729

Selesai dengan check in saya harus kemana ?

Hal ini pula yang membingungkan saya, dari check in kemana ya? Hehe, seperti tips diatas, saya bertanya kepada petugas check in, setelah itu petugas memberi tahu bahwa saya harus menuju gate imigrasi. Pada dasarnya, penanda rute langkah-langkah ini cukup jelas terpampang di Bandara Soekarno hatta ini, jadi jangan ragu untuk memastikannya dengan bertanya kepada petugas.

Sampai di area imigrasi, petugas loket imigrasi akan meminta boarding pass dan passport anda, dan beberapa akan bertanya untuk apa Anda melakukan perjalanan ini.

IMG_2732 IMG_2731

Langkah terakhir

Setelah melewati imigrasi, Anda cukup mengikuti penanda yang ada. Oiy, jika anda belum menukar uang, di area paska loket imigrasi ini terdapat beberapa money changer yang bisa anda manfaatkan. Jika anda tidak mau rugi, bandingkan saja harga jual mata uang yang akan anda tukar diantara money changer di area ini, dalam jumlah besar bahkan 50 perak pun akan sangat berarti.

1 hal yang harus anda catat, memasuki loket boarding gate anda dilarang membawa cairan yang lebih dari 100 ml, jadi pastikan anda menghabiskan minuman anda sebelum memasuki loket menuju area boarding, atau petugas akan menyita botol minum anda.

Di loket boarding ini, mekanisme nya tidak jauh berbeda dengan security check, letaknya tas anda pada meja meja X-ray, barang elektronik anda satukan pada sebuah nampan dan lewatkan pada meja X –ray juga. Yang memebedakan dengan gat security adalah, gate ini cenderung lebih ketat, karena anda harus meletakkan seluruh aksesoris anda (ikat pinggang, jam tangan, dll) dna melewatkannya pada meja  X-ray.

IMG_2733

Jika anda ingin ke toilet atau mushola, jangan khawatir, area tunggu boarding Bandara Soekarno Hatta menyediakan toilet dan mushola di dalamnya. Setelah memasuki area boarding gate, cukup menuggu arahan dari petugas, kapan pesawat Anda akan berangkat.

Sebuah pameo yang harus dipegang ketika berada di bandara adalah “ jangan takut dan malu untuk bertanya”. Karena petugas akan senantiasa sedia untuk menjawab pertanyaan Anda. Selamat melakukan travelling.

Selamat Mencoba !

Diskusi lebih lanjut : @dennyrezak

7 thoughts on “Bingung-Bingung di Bandara? Ini langkah-langkahnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s