3 Kunci Atasi Kegalauan Memilih Jurusan

BAGI kalangan siswa SMA kelas 3 dan sederajat, hari-hari ini adalah hari yang paling menentukan dalam hidupnya, karena paska selesai dengan ‘ritual’ Ujian Nasional, para siswa ini kembali harus bergulat dengan Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

Belum selesai kegalauan menunggu hasil Ujian Nasional, kegalauan kembali muncul akibat bingung memilih jurusan apa yang akan dipilih dalam tes Ujian Masuk Perguruan Tinggi nanti. Tidak dapat dipungkiri, pemilihan jurusan ini akan menjadi kunci penentu masa depan siswa. Oleh karena itu, siswa harus memecahkan kegalauan ini dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Menurut saya setidaknya ada tiga hal yang harus menjadi pertimbangan untuk menentukan jurusan di Perguruan Tinggi. Pertama adalah passion, kegemaran atau kecintaan pada sesuatu. Bagaimana cara mengetahuipassion? Sederhana, coba ingat, apa aktivitas yang Anda sukai dan sering lakukan, hingga Anda lupa makan karena keasikkan mengerjakannya, itu lah passion.

Jika passion Anda menggambar, jurusan Seni Rupa atau Arsitek bisa menjadi pilihan. Berpassion berpetualang di alam, Perminyakan, Pertambangan atau Geologi bisa jadi cocok untuk Anda. Atau Anda suka dengan hal-hal berbau komputer, maka pilih jurusan informatika atau sistem informasi.

Passion menjadi pertimbangan pertama dan utama karena passion lah yang akan menentukan bagaimana Anda enjoy menjalani perkuliahan nanti. Seorang bijak pernah berkata, Hal yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Menyenangkan bukan, ketika kegemaran kita melakukan sesuatu jadi income pada kehidupan kita nantinya.

Kedua adalah Kemampuan, setelah melihat bagaimana passion Anda, bandingkan passion itu dengan kemampuan. Salah satu cara mengetahui apakah kemampun Anda sesuai dengan jurusan yang Anda minati adalah dengan mengikuti try out skala nasional yang sering diadakan Bimbingan Belajar.

Dari hasi try out ini, Anda dapat melihat apakah score Anda sesuai dengan passing grade (nilai masuk) jurusan yang Anda minati. Selain itu, dari hasil try out itu, Anda bisa membandingkan kemampuan Anda dengan siswa lain yang akan memilih jurusan yang sama dengan Anda.

Yang terakhir adalah prospek jurusan. Lihat dan coba analisis bagaimana prospek perkembangan jurusan Anda di masa datang. Bagaimana caranya? Anda bisa mengetahuinya dengan mencari referensi melalui bahan bacaan, baik itu buku maupun internet.

Selain itu, Anda juga bisa menambah pengetahuan dengan berdiskusi dengan tokoh atau kenalan Anda yang Anda nilai punya wawasan dalam hal ini. Prospek jurusan menjadi pertimbangan terakhir karena pada dasarnya yang paling penting adalah bagaimana Anda menikmati proses perkuliahan di Perguruan Tinggi nanti. Meskipun jurusan yang Anda dapatkan nanti berprospek cerah, tetapi Anda tidak menikmatinya, tentu sangat tidak menyenangkan.

Pastinya menyenangkan, ketika jurusan yang Anda dapatkan sesuai passion, pas dengan kemampuan dan memiliki prospek perkembangan yang baik dimasa datang. Selama berjuang!

Denny Reza Kamarullah
Mahasiswa Jurusan Teknik Pertambangan
Institut Teknologi Bandung (ITB)

di sadur dari okezone.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s