(Draft) Kampung Mandiri, Sarana Belajar Menjadi negarawan

Akhirnya malam ini saya benar-benar tidak bisa tidur, lebih tepatnya memaksa diri untuk tetap membuka mata. Badan memang letih tapi pikiran masih mengajak berkelana. Lelah tubuh paska berkeliling Bangkok malah ini jelas memaksa mata sayup-sayup, tetapi inspirasi pak Anies Baswedan seketika memaksa mata kembali ke performa sempurnanya. Pikiran dan hati tertampar keras. Ada yang harus dikerjakan.

Beberapa hari lalu, terdengar kabar gembira. Selamat #kampungMandiri @Ppsdms2bdg terpilih sebagai community development terbaik @Ppsdms. Saya memang tidak hadir disana, tapi jarang ribuan kilometer itu akhirnya terpangkas singkat, ini era sosial media.

#Kampungmandiri, sebuah model community development yang dikembangkan peserta PPSDMS bandung. Awalnya, saya tidak interest, biasa saja. Ikut, ya ikut saja meskipun dalam beberapa hal, aktivitas ini mirip mimpi saya dulu, membantu mereka yang kurang dalam pendidikan. Tapi ide itu masih sebatas wacana kertas, minim realisasi.

*Tulisan ini belum selesai dan (entah) mungkin tidak akan pernah selesai, saya tulis tengah malam di kota orang, Bangkok. Lalu kenapa dipos den? saya suka diksinya, pencampuran emosi yg membuncah, rasa lelah, sedih dan bersemangat, semoga menjadi pengingat*

Leave a Reply

