Seputar Internship (KP) SCG Thailand

Beberapa hari terakhir ini cukup banyak teman yang bertanya kepada saya tentang Internship (Kerja Praktek) SCG Thailand yang beberapa bulan lalu saya ikuti, untuk mempermudah, maka akan lebih baik saya tuliskan dalam tuliskan ini, jika nantinya perlu bertanya lebih lanjut, feel free untuk kontak saya.

 

SCG (Siam Cement Grup) adalah perusahaan multinasional Thailand yang berdiri 100 tahun lalu, perusahaan ini bergerak di berbagai bidang, mulai dari industri semen, kimia, kertas, manufaktur hingga keramik. Mungkin di Indonesia nama SCG belum terlalu terkenal, tapi di Thailand SCG adalah salah satu perusahaan besar, mungkin seperti PERTAMINA Indonesia. Program International Internship yang saya ikuti bulan Agustus lalu adalah bagian dari rangkaian memperingati 100 tahun SCG sekaligus jalan mewujudkan visi perusahaan yang akan mengembangkan sayap bisnisnya di ASEAN.

 

Bagaimana proses awal dapat info Internship ini?

Saya mendapat informasi Internship ini dari grup angkatan jurusan saya, seorang teman memposting perihal internship ini. Yang menjadi masalah saat itu adalah Ia mempostingnnya saat hari deadline, praktis pertama kali melihat info itu, saya antara tertarik dan tidak. Karena di proses seleksi awalnya calon peserta diminta mengirim CV dalam bahasa Inggris, mengisi form isian yang diakhirnya diminta membuat 2 esai : pertama esai tentang apa yang kamu harapkan ketika di terima sebagai peserta dan kedua esai tentang core value SCG itu sendiri, tentunya keduanya dalam bahasa inggris. Tapi akhirnya saya mencoba membuat juga, Alhamdulillah untuk CV bahasa Inggris saya sudah ada, jadi tinggal membuat kedua esai itu.

 

Proses selanjutnya?

Entah saya agak lupa, kapan pastinya waktu dari proses satu ke proses lanjutnya, yang pasti kemudian saya di telpon manajemen SCG Indonesia, mereka memberitahu saya bahwa saya masuk list calon peserta dan besok akan ada interview bahasa inggris via telepon, langsung dari manajemen SCG Thailand.

 

Konten Interviewnya?

Ba’da ashar interview dimulai, jelas ini adalah pengalaman pertama bagi saya interview dalam bahasa inggris, via telepon pula. Tapi, ya saya menjalani nya dengan enjoy, meskipun awalnya nervous juga.
Konten interview terdiri dari beberapa hal :

  1. Perkenalan diri kita, hingga keluarga
  2. Pengetahuan kita tentang SCG (Core Values, Business dll)
  3. Seputar CV
  4. Apa harapan kita ketika di terima sebagai peserta
  5. Bagaimana tanggapan kita jika area internship adalah di remote area atau di pegunungan

Menurut saya, interview ini berjalan sangat santai dan dari konten itu yang perlu ditekankan adalah profil perusahaan, usahakan cari tahu dulu bagaimana profil SCG. Selebihnya adalah bagaimana kemampuan kita dalam speaking english.
Setelah interview, ternyata sorenya saya langsung di infokan Alhamdulillah saya terpilih sebagai salah satu peserta, dari 400 lebih pendaftar.Proses selanjutnya lebih ke arah penyiapan, yakni pembuatan passport bagi peserta yang belum memiliki, oiy, di International internship SCG ini, peserta dari Indonesia ada 10 orang (3 ITB, 5 UI dan 1 UGM)

 

Bagaimana proses internship disana?

Saya mulai internship terhitung 13 Agustus Hingga 1 September, ke 10 peserta pada tanggal 13 Agustus mengikuti proses briefing terlebih dahulu di salah satu hotel di Jakarta, disini kami saling berkenalan hingga proses pengenalan profil SCG dari manajemen SCG Indonesia. Malamnya kami berangkat ke salah satu hotel dekat Bandara Soekarno Hatta dan keesokkan paginya kami take off menuju Bangkok.
Tiba di Bangkok, hari pertama kami kembali mengikuti briefing, kali ini langsung dari manajemen SCG pusat di Kantor pusat mereka di Bangkok. Keesokkan harinya, masing-masing dari kami berpisah, kami ditempatkan di SCG Business Unit yang berbeda, saya dan 4 peserta lainnya (mahasiswa teknik) ditempatkan di SCG Khang Koi di Saraburi Province, yang berjarak 1.5 – 2 jam dari Bangkok. 4 peserta yang berlatar sosial (hukum, ekonomi dan hubungan internasional) ditempatkan di SCG pusat di Bangkok dan 1 lainnya (berlatar Teknik Industri) ditempatkan di SCG Paper (saya lupa provinsinya).

Selama kurang lebih 2 minggu di SCG Khangkoi di Saraburi, saya ditempatkan di bagian departemen kuarry, sesuai background saya. Selama disana seluruh kegiatan saya sudah dijadwalkan, setiap hari ada materi, training, kunjungan lapangan hingga penugasan dan proyek di akhir magang, tapi banyak juga gabutnya hehe. Setiap sabtu-Minggu kami libur, saat libur ini ada beberapa kegiatan yang kami lakukan, baik itu memang sudah dijadwalkan maupun kami request, contohnya saat tanggal 17 agustus kami request untuk ke Bangkok , mengikuti upacara bendera di KBRI di Bangkok.

Oiy, gambaran kegiatan saya perharinya. Jam 07.00 kami akan dijemput dari mess kami menuju tempat makan, setelah itu lanjut ke ruang kerja masing-masing. Jam 11.30 kami di jemput untuk lunch, setelah itu kembali ke ruangan masing-masing. Jam 16.30 kami akan di jemput lagi untuk kembali ke mess. Dan jam 19.00 kami akan kembali di jemput untuk makan malam. Asik kan jadwalnya🙂, biasanya sore hari setelah pulang, saya isi dengan berenang, karena fasilitas olahraga disana lengkap. Dan yang lebih asik lagi, menu makannya komplit. Nasi, lauk beragama di meja putar, buah, hingga eskrim yang kami bebas pilih sebagai dessert.🙂

Makan

Makan

Kuari SCG Khang Koi

Kuari SCG Khang Koi

Bagaimana dengan pembiayaan?

I think this is the most important question hehe
Selama disana, akomodasi (tiket PP Bangkok-Jakarta) ditanggung SCG, biaya makan, penginapan pun demikian, bahkan kami di gaji, pake dollar loh. Berapa gajinya? Rahasia hehe

Selama proses internship ini, di akhir pekan bahkan kami (peserta magang di Saraburi) di traktir dan diajak jalan-jalan ke salah satu tempat wisata Thailand oleh HRD SCG Khang koi, Alhamdulillah.

 

Overall apa yang akan didapatkan peserta?

Banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari program ini

  1. Pengalaman kerja lapangan
  2. Koneksi jaringan profesional lintas negara
  3. Melatih speaking english
  4. Pengetahun budaya Thailand
  5. Kawan baru lintas Universitas
  6. Meningkatkan berat badan / perbaikan gizi
  7. Melatih kepercayaan diri
  8. Gaji
  9. International Experience
Nonton Bola @Stadion "MU" Thailand

Nonton Bola @Stadion “MU” Thailand

Jalan-jalan Grand Palace

Jalan-jalan Grand Palace

Bagaimana jika saya ingin mengikuti program ini juga tahun 2014 ini?
Kabar baiknya, menurut managemen SCG, program ini akan di rutinkan setiap tahun, tetapi waktu pastinya belum diberitahu. Jika kamu mau mendapatkan info lebih awal, like aja fanpage SCG di sini.
InsyaAllah akan saya share jika nantinya saya diinfokan.

 

further information, contact me through my email dennyrezakamarullah@gmail.com or my twitter @dennyrezak🙂

5 thoughts on “Seputar Internship (KP) SCG Thailand

  1. selamat sore.
    perkenalkan saya Dave. kebetulan saya ingin melakukan magang di Thailand dan pas googling nemu blog ini.. saya sangat tertarik dengan tempat anda magang. jujur ini pertama kali saya mendengar tentang perusahaan ini. nah pas saya baca blog anda, ada juga mahasiswa berlatar ekonomi yang magang dan dari link yang anda berikan ternyata sudah banyak mahasiswa Indonesia yang telah melakukan magang di SCG. kira-kira apakah untuk periode dekat ini ada penerimaan intern untuk Indonesia? jika memungkinkan esai apakah yang harus saya buat untuk melengkapi persyaratan seperti yang anda tuliskan di atas?
    terima kasih atas perhatian mas Denny. mohon balasannya..

    Best regards,
    Dave

    • halo Dave, untuk internship SCG, diadakan 1 tahun sekali, tahun ini tahun kedua SCG mengadakan internship ini, biasanya dibuka sekitar juni-juli, cek aja nanti infonya di waktu itu, bisa liat di fanpage “SCG Careers”..

      untuk esai, coba dibaca lg artikel ini, disana saya tulis tentang esai itu..

  2. Assalamu’alaikum ka. Salam kenal, saya zeniva. Senang rasanya menemukan blog ka denny. Punten ka, saya mau tanya, kira- kira kolom activity and interest itu diisi apa ya ka, saya masih bingung pada saat mengisi form pendaftarannya. Atas jawabannya saya ucapkan terimakasih🙂. Jazakallahu khayran katsiran ka denny🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s