Kultwit #KemanaBBM @detakgerak

Selamat malam dunia maya! Lagi pada rame bahas tentang #KemanaBBM nih, sebenernya ada apa sih? simak lini masa kita yuk!

 

1. Dimana mana sedang ramai diberitakan. Antrian panjang terjadi di banyak SPBU. BBM untuk rakyat susah didapat #KemanaBBM

 

2. Sebenernya apa yang terjadi? ditimbun? dijual ke kalangan lain? atau gimana? #KemanaBBM

 

3. Bahkan Pulau Jawa yang biasanya paling banyak BBM pun mengalami kelangkaan #KemanaBBM

 

4. Jadi gini ceritanya. Di tahun 2014 ini, anggaran subsidi BBM di APBN mencapai 280 T dari total APBN 1800T. Wow! #KemanaBBM

 

5. Tiap awal tahun, saat penyusunan APBN, kuota BBM subsidi (premiun, Solar, minyak tanah) udah di tetapkan #KemanaBBM

 

6. Nah, untuk 2014 ini, plot kuota BBM Subsidinya adalah 48 Juta Kiloliter #KemanaBBM

 

7. Plot kuota tersebut dengan rincian 32.46 Juta KiloLiter Premium, 14.64 KL Solar #KemanaBBM

 

8. Tapi di APBN Perubahan yang ditetapkan juni lalu, jatah kuota BBM subsidi dikurangin jadi 46 Kilo Liter, dengan rincian 29.43 KiloLiter Premiun, 15.67 KiloLiter Solar #KemanaBBM

 

9. Kenapa dikurangin? Biar sampe akhir tahun kuota gak jebol, kalo kuota jebol, APBN jebol juga, bahaya! #KemanaBBM

 

10.  Data pertamina per 31 juli 2014, kuota BBM subsidi yang terpakai untuk solar udah 60%, premium 58% … … padahal baru tengah tahun, belum lagi konsumsi BBM subsidi bakal meningkat di desember. Ada natal dan tahun baru sob #KemanaBBM #KemanaBBM

 

11.  Makanya pemerintah mengeluarkan beberapa aturan: 1. Surat edaran BPH Migas tentang pembatasan penjualan BBM Subsidi … #KemanaBBM 2. Pengurangan jatah subsidi BBM di tiap SPBU sebesar 5-15 % per 18 Agustus lalu. #KemanaBBM

 

12.  Surat edaran BPH Migas itu isinya apa? #KemanaBBM

 

13.  Edaran BPH Migas: 1. Solar di jakarta Pusat dan rest area jalan tol dilarang dijual per 1 agustus #KemanaBBM

 

14.  Edaran BPH Migas: 2. Solar di bali jawa kalimantan sumatera dijual Cuma jam 8-18 aja per 4 agustus #KemanaBBM

 

15.  Edaran BPH Migas: 3. mulai enam agustus premium dilarang dijual di jalan tol #KemanaBBM

 

16.  Jadi, kenapa BBM subsidi langka? karena jatah tiap SPBU per 18 agustus udah dikurangin, wajar kalo ada yang gak dapet #KemanaBBM

 

17.  Yg kedua, karena surat edaran BPH Migas, jd ada beberapa daerah yg dilarang jual BBM subsidi sejak awal agustus #kemanaBBM

 

18.  Jadi konsumen di daerah itu yang biasa dapat bbm subsidi, sekarang gak dapat, nyari tempat lain. #KemanaBBM

 

19.  Nah begitu kurang lebih kenapa BBM subsidi jadi langka #kemanaBBM

 

20.  Isu yang berhembus, Kedepannya harga BBM bakal naik. Tapi beberapa waktu lalu SBY sudah mengeluarkan Instruksi Presiden #KemanaBBM

 

21.  isi instruksinya, disisa masa jabatan kabinet dilarang mengambil keputusan strategis! #kemanaBBM

 

22.   Dengan begitu mungkin pemerintahan Jokowi yang harus mengambil kebijakan menaikkan harga BBM #kemanaBBM

 

23.  Mari ditunggu, siapa yg berani melakukan penyesuaian harga BBM. @SBYudhoyono atau @jokowi_do2? Atau mungkin juga @Pak_JK hehe #KemanaBBM

 

24.  Itu alasan dibalik terjadinya kelangkaan BBM saat ini, semoga segera teratasi. Karena energi adalah salah satu penentu kedaulatan negeri

 

 

 

Coming soon, diskusi publik terkait Pembatasan BBM, 6 September 2014…. 

Kementrian ESDM 

Keratonan Eksternal KM-ITB 14/15 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s