Acl #1 Bengkak Biasa!

Februari 2014. Tidak terasa ternyata sudah 7 bulan lalu. Persisnya kapan? Entah sayapun tidak ingat, yang pasti, semua bermula di bulan kedua penanggalan masehi ini.

Malam itu tidak berbeda dengan malam-malam sebelumnya, futsal asrama selalu bisa meningkatkan adrenalin dalam diri saja : frekuensi detak jantung yang menguat, dampak antusiasme yang sangat tinggi.

Tensi pertandingan itu cukup kuat, koleris adalah tipikal manusia yang tidak mau kalah. Semangat tidak mau kalah itu bercampur dengan gemercik bumbu emosi, tidak ada yang salah, hanya pergerakan saya menjadi sangat tinggi, mundur kebelakang, maju kedepan, lompat, mengejar bola, tendang ke arah gawang.

Beberapa saat tidak ada yang masalah dengan hal itu, pun lapangan futsal tempat kami bermain malam itu jauh dari kata luas. Namun, ditengah pertandingan, pergerakan kaki sangat cepat, sebagian tubuh saya sudah berbalik, sementara lutut kebawah masih pada posisi awal. “tak”, bunyi pada lutut persendian kaki kiri itu diikuti oleh rasa sakit yang sangat terasa, sejenak saya berhenti dan bergerak ke pinggir lapangan.

Rasa sakit traumatik itu hilang 15 menit kemudian, setelah merasa baikan dan tanpa tahu apa yang terjadi, saya melanjutkan ikut bermain. Well, ini tentang kesenangan psikis. Tidak berapa lama bermain, lutut kembali kambuh, kali ini dengan rasa sakit di level yang lebih tinggi.

Duduk sejenak sambil menunggu rasa sakit mereda, saya lalu memutuskan untuk pulang duluan. Rasa sakit ini cukup membuat saya sadar “jangan main lagi!”.

Keesokan harinya perlahan lutut mulai bengkak, jelas ini bukan bengkak seperti biasanya. Sakit besarnya, saya bahkan tidak bisa menekuk lututnya sampai 90 derajat. Anomali!  Tapi saya masih berpikir, “ah, ini biasa”. Mungkin karena saya cukup sering bengkak kaki, tapi biasanya engkel, bukan lutut.

Karena sudah cukup sering jatuh dan bengkak, lalu sembuh tanpa perawatan apapun, pun dengan bengkak kali ini, saya hanya mendiamkannya, berharap bengkak ini segera mengempes dan kaki ini kembali normal.

Bersambung……

*seperti sudah saya tekadkan dulu, saya akan berbagi segala hal tentang ACL ini, sekedar memastikan tiap-tiap orang yang memiliki gejala yang mirip seperti ini, bisa mendapatkan informasi secepat mungkin. Bismillah..

-RSUD Cengkareng, masih menunggu 24 antrian lagi🙂 –

One thought on “Acl #1 Bengkak Biasa!

Leave a Reply

