Prasangka

Tiba-tiba saya teringat tausiah ust. Farid Nu’man, salah seorang pemateri dalam rangkaian agenda 10 malam terkahir di Masjid Baitul Ihsan Jakarta. Meskipun malam itu bukan pertama kalinya saya bertemu beliau, beliau adalah guru saya ketika di Bimbel Nurul Fikri beberapa tahun lalu. Beliau salah satu favorit saya, jenaka tanpa mengurangi substansi. Ilmunya sangat luas, begitu mudahnya ia menyambungkan satu hadits dengan hadits lainnya atau dengan perkataan ulama.

Malam itu beliau bercerita tentang prasangka. Cerita beliau begitu panjang, hampir saya ingin mencatat semua yang beliau katakan. Dalam sesi tausiyah, khutbah atau sejenisnya, pasti ada bagian yang akan sangat kita ingat. Nah, dari sesi malam itu, inilah bagian yang sangat saya ingat, apa perbedaan antara waspada dengan prasangka (zhon) atau suudzhon dan saya ingin menghubungkannya dengan lintas pikir yang ada dalam benak saya.

Simpel saja, pebedaan antara waspada dan suudzhon. Ketika seseorang sebelumnya sama sekali belum memiliki track record jahat yang pernah kita lihat, kemudian kita menaruh prasangka kepadanya, nah ini yang dinamakan suudzhon, sementara ketika memang ia pernah memiliki track record jahat yang pernah kita saksikan, ini namanya waspada. Sebagai contoh seperti ini -ust. Farid memberikan contoh yang sangat mudah dan sangat mudah diingat-

Suatu ketika Anda parkir motor, setelah beberapa waktu Anda meihat seseorang duduk-duduk di motor Anda. Ada 2 kondisi : orang duduk disana orang yang memang memiliki track record jahat atau orang yang sama sekali tidak memiliki track record jahat dalam memori pikiran kita.

“wah, nih orang mau nyolong nih” ketika ini ditujukan pada sosok pertama, ini yang dinamakan waspada. Sementara ketika ini yang ditujukan kepada sosok kedua, ini yang dinamakan suudzhon, nah.

Di era banjir informasi seperti hari ini, sumber informasi itu jadi begitu beragam, kita harus semakin lihai memilah mana informasi yang benar mana yang fiktif. Dalam kehidupan seorang muslim, islam sangat mewanti-wanti akan perkara ghibah.

“Janganlah kalian menggunjingkan satu sama lain. Apakah salah seorang dari kalian suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kalian merasa jijik kepadanya. Bertaqwalah kalian kepada Allah. Sesungguhnya Allah itu Tawwab (Maha Penerima taubat) lagi Rahim (Maha Menyampaikan rahmat).” QS Al Hujurat: 12

 

“Tahukah kalian apa itu ghibah?” Para sahabat menjawab: “Allah dan rasul-Nya lebih mengetahuinya.” Nabi berkata: “Engkau membicarakan saudaramu dengan sesuatu yang dia benci.” Ada yang bertanya: “Bagaimana pendapat anda jika padanya ada apa saya bicarakan?” Beliau menjawab: “Jika ada padanya apa yang engkau bicarakan maka engkau telah mengghibahnya, dan jika tidak ada padanya apa yang engkau bicarakan maka engkau berbuat buhtan terhadapnya.” [HR Muslim

*buhtan adalah berkata dusta terhadap seseorang di hadapannya mengenai sesuatu yang tidak pernah dia lakukan.

Apa hubungan ghibah dan prasangka? Kadang saya berpikir (mikirnya kadang-kadang xD), respon kita terhadap orang lain atau sesutau hal dipengaruhu persepsi hal itu di dalam pikiran kita, dan persepsi itu hadir dari informasi yang masuk ke dalam pikiran kita. Ah, terlalu berbelit belit.

Inti yang ingin saya bilang, respon kita terhadap saudara kita hadir karena informasi awal yang sudah ada didalam pikiran kita, masalahnya, tidak semua informasi yang kita terima itu benar. Lalu, ketika informasi itu benar, anggap tentang keburukan saudara kita, apa untungnya buat kita? Bagi saya pribadi, kadang saya merasa justru dampaknya buruk, respon  saya ketika bertemu atau sekedar mendnegar namanya, muncul informasi-informasi negatif yang sudah terpendam dalam pikiran saya. Astaghfirullah…

Itu mungkin mengapa islam mengajarkan penganutnya untuk menghindari ghibah, sesederhana itu, demi menjaga kehormantan saudara muslimnya.

 

Sedang ingin meracau

Salah satu pojok mushola daerah cikini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s