Untuk teman teman ‘seperjuangan’: segerakan! (3)

Read the first and second post here:

Untuk teman teman ‘seperjuangan’ (1)

Untuk teman teman ‘seperjuangan’ (2)

 

Idealnya sebuah penyakit (apapun itu) harus disembuhkan segera, termasuk ruphtur ACL, namun karena beberapa hal kondisi ideal ini kadang tidak bisa dilakukan. Dalam postingan ini saya akan sedikit bercerita terkait hal ini. Ruphtur ACL adalah penyakit mahal, tidak semua Rumah Sakit dapat melakukan penangan untuk mengobatinya, apalagi puskesmas. Untuk mendeteksi peyakit ini saja harus dilakukan di rumah sakit yang memiliki alat scan MRI, sayangnya memang hanya rumah sakit besar saja yang memilikinya, di Jakarta setahu saya rumah sakit yang memiliki alat scan MRI adalah RSCM, Fatmawati, Persahabatan (tapi sedang trouble).

Permasalahannya tidak cukup sampai keterbatasan MRI scanning, selain itu, biaya untuk MRI scanning juga tidaklah murah. Setelah mendeteksi keberadaan ruphtur ACL, tantangannya tidak berhenti sampai disitu, sayangnya tidak semua rumah sakit yang menyediakan scan MRI juga ada jasa operasi ruphtur ACL, ditambah lagi, keterbatasan ini akhirnya terakumulasi menjadi bertumpuknya pasien di rumah sakit tertentu, RSCM contohnya. Faktor rumah sakit penyedia BPJS juga menjadi salah satu penentunya.
Sehingga para penderita ruphtur ACL kadang harus menerima kenyataan tidak bisa segera operasi, menunggu.

Lalu apa dampak jika ruphtur ACL tidak segera dioperasi, berikut jawaban dari 2 orang narasumber saya, satu adalah seorang dokter dan seorang calon dokter. Semoga bermanfaat 
Salam, selamat siang dok, perkenalkan saya Reza mahasiswa salah satu PTN di Bandung, sejak Februari lalu saya terkena ruphtur ACL karena futsal.

Pertanyaan saya

1. apa dampak jika ruphtur acl tidak segera diobati?
2. saya dengar akan terjadi pengapuran tulang, bagaiaman dok? jika ia, apa dampak dari pengapuran tulang ini?

Terima kasih sekali atas tanggapannya dok.🙂

1. Gerakan sendi akan terganggu bahkan bisa selamanya.
2. Tidak benar.

Another Answer

Dampak pasti kalo ruphtur ACL gak segera dioperasi apa?
Katanya pengapuran tulang gitu ya? Bener?
Terus dampak lainnya apa?

Yang jelas kalo ruphtur bakal lebih sulit buat aktivitas, susah kalo dipake buat jalan dan semakin lama gak dioperasi semakin sulit pulih, kan kayak struktur-struktur di dekat si ACL gitu juga jadi tearing (luka sedikit demi seikit yang lama-lama menumpuk jadi sesuatu yang lebih worse) kak kalo ACLnya bermasalah.
Dalam hal kasus-kasus tentang otot dan tulang itu paling worse ya keterbatasan gerak: gak bisa jalan normal, jalan keliatan aneh atau kerasa sakit, gak bisa buat olahraga tertentu.

Dua jawaban itu adalah jawaban setelah operasinya, lalu bagaimana dampak terhadap si penderita jika tidak segera dioperasi, berdasarkan pengalaman yang saya alami.

1. Rasa nyeri yang semakin bertambah
Bahkan ketika Anda berdiri diatas sebuah krl, mungkin karena faktor dinginnya AC dan tekanan di kaki. Jadi usahakan untuk duduk dan kalo boleh saya memberi saran, selalu bawa balsem untuk menghangatkan bagian ruphtur ACL Anda, minimal menetralisir rasa nyerinya.

2. Kaki yang semakin terasa kendur
Saya sering menganalogikan ruphtur ACL sebagai kondisi seperti daun pintu yang kehilangan beberapa baut penyangganya, kebayang? Ya, semakin lama baut tidak dicari penggantinya tetapi terus daun pintu terus digunakan apa yang akan terjadi? Kebayangkan. Hehe

Menurut saya 2 kondisi ini yang akan Anda rasakan ketika ruphtur ACL Anda tidak segera diobati, pesan saya, be strong guys!🙂
tentu selain fakta Anda tidak boleh beraktivitas berat, hindari aktivitas malam, angin malam tidak baik untuk ruphtur ACL Anda🙂

Semoga bermanfaat🙂

One thought on “Untuk teman teman ‘seperjuangan’: segerakan! (3)

  1. Kalo saya saraf kejepit didaerah pundak, iyap sedia balsem untuk menetralisir dan setiap kena angin malam rasa nyerinya semakin menjadi…. bedanya saya syaraf… apakah proses di RSCM bisa memakan waktu lama? jadi untuk MRi tidak bisa 1 kali proses saja?

Leave a Reply

