Tata Kelola Migas, Kemana Fungsi SKK Migas berlabuh?

Kamis lalu saya hadir dalam seminar “Tata Kelola Migas” yang diadakan IRESS di ruang GBHN DPR RI. Diskusi tata kelola migas ini adalah diskusi menyambut UU Migas baru yang sedang digodok dan ditargetkan selesai pada tahun ini. Berbicara UU Migas dan Tata Kelola migas hari-hari ini, bisa dikatakan akan mengerucut dalam satu pertanyaan, “akan bagaimanakah fungsi SKK Migas selanjutnya?”.

2015-06-11 13.11.43

Sejauh ini sudah ada 2 opsi yang sama kuat, pertama adalah menjadikan SKK Migas sebagai BUMN Khusus. Konsep ini diajukan Kementrian ESDM dan Tim Reformasi Tata Kelola Migas. Hal ini semakin dipertegas oleh perkataan Sudirman Said saat memberikan Keynote Speech “Kami akan memberikan previlege kepada Pertamina, tetapi kami tidak akan memanjakan mereka”. Opsi kedua adalah mengembalikan fungsi SKK migas dibawah Pertamina. Setahu saya konsep ini didukung oleh Kurtubi, Marwan Batubara, Andang bachtiar dll.

Dalam diskusi ini, sebenarnya saya berharap hadir dua pembicara lintas pemikiran, sayangnya hal itu tidak terjadi, pembicara2 yang hadir membawa pemikiran yang sama, yakni mengembalikan SKK Migas kedalam tubuh Pertamina. Padahal akan sangat menarik jika misalnya Pak Benny Lubiantara yang lebih mendukung pemisahan peran SKK Migas dari Pertamina hadir.

Terlepas dari kedua opini yang ada, yang paling penting untuk diperhatikan adalah privilege yang harus diberikan kepada Pertamina sebagai National Oil Company kita. Permen ESDM No 15 tahun 2015 setidaknya sudah menunjukkan ke arah sana, tinggal bagaimana UU Migas baru nanti mempertegas keberpihakan kita. Sehingga suatu hari nanti kita bisa melihat peran Pertamina yang semakin besar dalam Presentase produksi migas nasional dan lambang Pertamina yang tersebar di penjuru negara dunia, layaknya konsep going out yang dijalankan China terhadap 3 National Oil Companynya (CNOOC, Sinopec, CNPC).

Peran dan Presentase NOC

@dennyrezak
Ask.fm/DennyRezaK

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s