Beli oleh-oleh di Istanbul? ini tempatnya..

Berburu Oleh-oleh !

 

Den, jangan lupa oleh-olehnya ya..

Oii Den, ditunggu ya buah tangannya..

Den, nitip gantungan kunci dong..

Den, kalo mau beli oleh-oleh bilang-bilang ya..

Den, mana oleh-oleh Turki..

 

Sudah menjadi tradisi bagi pelancong Indonesia untuk membeli cinderamata dari negara tujuan, tentu selain memang sebagai kenang-kenanganan, cinderamata atau lebih dikenal sebagai oleh-oleh juga sebagai pemenuhan hadiah sanak kerabat kita. Lalu, apa yang menjadi oleh-oleh khas Istanbul yang berkesan dan tentunya terjangkau dengan kantong? Hehe..

Pada dasarnya, ragam oleh-oleh di tiap negara tidak jauh berbeda, mulai dari gantungan kunci, magnet kulkas, pakaian bertuliskan ciri khas temapt tujuan, hingga aksesoris lainnya. Sebelum memikirkan cindramata apa yang cocok untuk dibeli, menjadi lebih penting untuk mengetahui dimana tempat membeli cinderamata yang murah. Di Istanbul setidaknya terdapat 2 tempat yang terkenal di kalangan Turis sebagai tempat membeli cinderamata, yakni : Grand Bazar dan Spice Bazar. Keduanya memiliki ciri dan karakteristik tersendiri.

Grand Bazar

Saya menyebutnya pasar sejuta lorong, itulah kesan yang akhirnya muncul setelah mondar-mandir di salah satu pasar tertua dan terbesar didunia ini. Grand bazar adalah sebuah pasar labirin, terdiri hampir lebih dari 5000 toko, antar satu blok toko dengan toko lainnya dipisahkan oleh jalan-jalan bak sebuah lorong bawah tanah, yang membedakannya adalah lorong grand bazar amat berseni, selain kerlap kerlip cahaya, dinding-dinding grand bazar sangat berestetika dengan coretan lukisan atau pun kaligrafi.  Penampakan grand bazar jauh dari kesan kumuh dan tua, meskipun dibangun sejak 1455 pasar yang sering juga disebut dengan Capalicarsi ini nyatanya lebih menunjukkan kesan eksotis dan kemegahannya.

Hampir semua barang ada di pasar ini mulai dari gantungan kunci, miniatur bangunan khas turki, pakaian bertuliskan turki, tempelan kulkas berbentuk bangunan turki, pashima, hingga buat saya yang paling menarik adalah catur dengan bidak-bidak kesultanan Turki.

Grand Bazar dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.00-19.00 kecuali hari Minggu dan hari libur bank, mulai dari pukul 09.00-19.00. Untuk menuju Grand Bazar sangat mudah, karen grand bazar berada tepat di jantung pusat kota Istanbul, yakni diaerah Beyazid camii, letak Grand Bazar tepat berada di belakang Beyazid camii.

IMG_3205 IMG_3211 IMG_3214 IMG_3216 IMG_3218

 

 

Spice Bazar ( Misir Carsisi)

Satu hal yang paling khas dari Spice Bazar adalah aroma rempah yang begitu menyengat mengelilinginya, inilah pasar yang lebih dikenal sebagai pasar rempah. Karena sejak Anda memasuki pasar ini, warna-warni rempah terpajang di mayoritas etalase para pedagang dipasar ini.

Pasar yang berdiri sejak 1664 merupakan pasar terbesar kedua di Istanbul, tentu setelah Grand Bazar. Dari segi struktur pasar, Spice bazar tidak jauh berbeda dengan grand bazar, hanya saja, spice bazar lebih kecil. Letak spice bazar tidak kalah strategis dibanding Grand bazar. Pasar rempah ini terletak langsung berahdapan dengan pelabuhan Galata dan berseblahan dengan Yenii camii di kawasan eminonu.

Spice bazar adalah tempat yang tepat jika Anda adalah penyuka kopi atau teh, disinilah dijual kopi dan teh khas Turki,  selain itu di pasar yang buka setiap Senin-Sabtu pukul 08.30-18.30 ini, harga tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan grand bazar.

Salah satu contohnya adalah gantungan kunci, jika di grand bazar gantungan kunci di bandrol dengan harga normal 2TL, di spice bazar gantungan kunci di bandrol dengan harga 1 TL, setengah harga!

 

IMG_3577

pintu masuk spice bazar

IMG_3568 IMG_3569 IMG_3575

 

 

simak catatan perjalanan istanbul turki lainnya di catatan perjalan Istanbul :))

2 thoughts on “Beli oleh-oleh di Istanbul? ini tempatnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s