Progress & Peta Persebaran Smelter (Juli 2015)

smelter (2)Wajahnya tampak sangat serius, dengan kacamata bergagang tebal yang menggantung di wajahnya Ia terlihat memikirkan banyak hal. sejak satu tahun lalu diberikan tanggung jawab sebagai pembantu presiden di salah satu sektor terpenting di negerinya, pekerjaan rumah dan pikirannya kian bertambah.

“Kami mengingatkan, memitigasi jauh-jauh hari, 2017 adalah batas larangan ekspor mineral” ujarnya tegas, siang itu ketika menerima salah satu perwakilan negara. Korporasi dan duta besar, relasi itu nyatanya memang ada, karena menyangkut ekonomi negara bersangkutan.

***

Sejak 2009 negeri ini memulai babak baru, sejarah banyak menceritakan lompatan besar negara-negara dunia mengikuti pola industri ekstraktif-industri manufaktur lalu industri jasa. posisi indonesia? masih berkutat diindustri ekstraktif. 2009 adalah awal agar negeri ini ingin memulai moving dari ekstratif oriented  menuju manufaktur oriented, caranya? memulai dengan hadirnya UU Minerba.

hari ini proses itu mulai menunjukkan hasil, sudah 25 smelter beroperasi, lainnya akan menyusul. Maju terus hilirisasi!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s