sekilas tentang paper “a primer on mineral taxation”

Akhir-akhir ini karena tuntutan kerjaan  (dan memang saya menikmatinya) saya cukup banyak download litelatur berkaitan dengan mining-mineral-oil-gas-economic J. Beberapa waktu terakhir saya paham, rasanya kok ya tidak lengkap mempelajari mining-oil-gas tanpa economic, mempelajari mining apalagi dalam lingkup policy pasti salah satu concernnya “berapa share yang diterima negara? berapa pajak yang diterima tahun x? Berapa persen royalti yang kita terima?”

Salah satu paper yang sedang saya pelajari berjudul “a primer on mineral taxation” yang ditulis oleh Thomas Baunsgaard. Sekilas paper ini akan membahas bagaimana sistem fiscal mineral-oil di negara-negara dunia, secara umum mining industry memang lebih menggunakan sistem tax-royalty atau kadang disebut juga sebagai sistem konsesi. Sistem ini mudahnya penerimaan pemerintah didapat hanya dari royalti dan pajak. Sementara untuk oil industry lebih bervariasi antara production sahring contract dan royalti-tax.

Yang menarik dari karya Thomas ini adalah list beberapa negara di dunia dengan sistem fiscalnya, buat saya cukup sulit menemukan list selengkapnya ini hehe. Tetapi saya belum selesai membacanya, semoga isinya benar-benar menarik🙂imf

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s