Omong-Omong Soal Freeport, Posisi Indonesia di mata Freeport McMoran

“Apa kabar pejuang?”

Tidak banyak kata yang ia sampaikan, masuk ke ruangan, menyapa lalu kembali pamitan untuk agenda lain. Setahu saya malam tadi ia baru tiba dari Paris. Di tengah sosoknya yang tengah menjadi pemberitaan dan serang balik dari berbagai pihak, toh ia masih terlihat santai.

Bagi saya, apa yang baru saja ia lakukan menghasilkan satu hal penting lain yang sadar atau tidak makin menguat. Tujuan utamanya menguak praktek pemburu rente, sesimpel itu (meskipun banyak pihak yang menginterpretasikan menjadi hal lain). Tapi ternyata apa yang ia lakukan menghasilkan efek samping. Isu nasionalisasi tambang Freeport yang akan habis di 2021 kembali menguat, dengan riak-riak yang lebih besar dan beberapa inisiatif gerakan yang progresif.

 

***

Omong-omong soal tambang Freeport, berikut terlampir persebaran tambang Freeport McMoran di dunia. Selain mengoperasikan tambang di Indonesia (Papua) melalui anak perusahaannya Freeport Indonesia, McMoran juga memiliki 12 tambang lain yang tersebar di North America, South America dan Africa.

Peta Persebaran Tambang Freeport McMoran di Dunia

Peta Persebaran Tambang Freeport McMoran di Dunia

 

Di North America, 7 dari 9 tambang yang ada di benua ini adalah tambang tembaga (Morenci, Bagdad, Safford, Sierrita, Miami, Chino dan Tyrone). Sementara 2 lainnya adalah tambang Molibdenum (Henderson dan Climax). Sementara itu tambang yang McMoran di South America, Africa dan Indonesia kesemuanya merupakan tambang tembaga.

Gambar 2 dan 3 berturut-turut menunjukkan cadangan tembaga dan presentase cadangan tembaga dan emas tambang Freeport McMoran, liat bro, Freeport Indonesia, hanya dari 1 tambang saja menyumbang 28% cadangan tembaga dan 99% Cadangan emas Freeport McMoran. Sementara North America terdapat 7 tambang tembaga dan South America 2 Tambang tembaga. Betapa pentingnya Indonesia bagi Freeport McMoran!

Presentase Cadangan Tembaga dan Emas Freeport McMoran

Presentase Cadangan Tembaga dan Emas Freeport McMoran (2014)

Cadangan Tembaga Freeport McMoran

Cadangan Tembaga Freeport McMoran (2014)

Gambar 4 Menunjukkan presentase sales Freeport McMoran pada tahun 2014, Look. Satu tambang Indonesia menyumbang 16% sales tembaga dan 93% sales emas mereka. Lagi-Lagi…

Presentase sales Freeport McMoran per Produk (2014)

Presentase sales Freeport McMoran per Produk (2014)

 

Betapa strategisnya Freeport Indonesia bagi mereka, So, Indonesia sejatinya punya bargaining position yang sangat baik dalam hal tawar menawar habisnya masa kontrak mereka di 2021 nanti. Gerakkeun!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s