Siapa Sebenarnya Mentor Sudirman Said?

Disclaimer:

Tulisan ini bukan tulisan saya, saya copas dari kompasiana, penulisnya adalah Pramonov, entah siapanya Pramono Anung hehe, buat saya tulisan ini cukup terang benderang untuk tau “Who is Sudirman Said?”, selamat menikmati🙂

Beberapa hari ini beredar tulisan bersambung di Kompasiana yang menyerang menteri ESDM, Sudirman Said (SS). Serangan ini terjadi terutama pasca laporan SS ke MKD soal pertemuan Ketua DPR RI, Setya Novanto dengan Freeport. Inti serangan tersebut adalah bahwa SS adalah mafia migas dan anak didik dari mantan dirut Pertamina Ari Soemarno. Dengan berbagai teori konspirasi digambarkan bahwa mafia energy yang berkuasa di Indonesia saat ini adalah poros JK-Ari Soemarno-Rini Soemarno dengan Menteri ESDM Sudirman Said sebagai Operatornya.

Benarkah Ari Soemarno adlah Mentor dari Sudirman Said ? Pertemuan Ari Soemarno dengan Sudirman Said memang terjadi yaitu Januari 2008 sampai dengan Februari 2009 (Please cmiiw). apakah pertemuan yang singkat itu cukup membuat Ari Soemarno menjadi mentor Sudirman Said ? Sosok Sudirman Said dikenal sebagai ahli restrukturisasi perusahaan di Indonesia. Jika ada perusahaan besar di Indonesia yang ingin melakukan restrukturisasi usaha, maka sosok yang dicari adalah SS. ini tidak terlepas dari pengalamanannya terlibat dalam restrukturisasi perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Pengalaman pertama SS, diperoleh saat ikut serta dalam tim restrukturisasi PT Timah tahun 1990-1995. Saat itu direktur utama PT Timah adalah Kuntoro Mangkusubroto dan direktur keuangannya adalah Erry Riyana Hardjapamekas. Restrukturisasi PT Timah, meski menyakitkan tetapi dikenal sebagai restrukturisasi yang berhasilmenyelamatkan PT Timah dari kebangkrutan akibat merosotnya harga timah dunia. Hubungan ketiganya masih terjalin erat sampai saat ini. Bersama Erry Riyana, SS aktif di LSM Masyarakat Transparansi Indonesia yang turut serta membidani lahirnya KPK. sementara bersama Kuntoro Mangkusubroto, SS membantu Pak Kun saat menjadi Kepala BRR Aceh dengan menjadi salah satu deputi di BRR.

lalu bagaimana Sudirman Said masuk ke Pertamina ? ini tidak terlepas dari sosok Endriartono Soetarto, mantan Panglima TNI yang menjadi Komisaris utama PT Pertamina. Pertemuan SS dengan jenderal purnawirawan berbintang empat ini terjadi saat SS diserahi tugas untuk melakukan penataan bisnis TNI. Sudirman Said adalah orang yang ikut serta dalam Tim Pengalihan Aset Bisnis (TPAB) TNI yang dipimpin oleh Erry Riyana. Saat Endriartono lengser dari Panglima TNI dan menjadi komisaris Pertamina, beliau yang terkesan dengan kinerja SS saat di TPAB mengajaknya untuk membenahi Pertamina. Jadilah SS menjadi Direktur SDM dan Sekretaris Perusahaan (Sekper/Corporate Secretary). Tapi SS bukan tanpa cela. Saat menjadi Sekper PT Pertamina tahun 2008 SS membuat keributan di DPR. Masih ingat keributan di gedung DPR saat DPR rapat dengan PT Pertamina akibat ada orang di jajaran Pertamina yang meneriaki anggota Dewan ? SS lah pelakunya.  Saat itu banyak anggota DPR marah besar bahkan ada yang berteriak “ini Contempt of court” (He he he bukan contempt of Parliament). SS pun dikeluarkan dari ruang sidang oleh Pamdal DPR. Pasca kejadian itu, januari 2009 SS dicopot dari jabatan Sekper PT Pertamina dan dipindah menjadi kepala ISC (Integrated Supply Chain) PT Pertamina yang dirancang untuk melakukan pengadaan minyak dengan harga terbaik (Lebih murah). Bulan Februari 2009, Ari Soemarno Lengser digantikan oleh Karen Agustiawan. Bebrapa bulan kemuadia SS juga terpental dari ISC. Praktis hanya 5 bulan SS memegang ISC yang konon untuk memerangi Petral.

Setelah terpental dari ISC, SS kembali bekerja menjadi direktur di Indika. Lalu diangkat menjadi Dirut PT Pindad yang saat itu dianggap perlu pembenahan. Orang awam mungkin bingung kok Akuntan, pernah di Pertamina, malah memimpin BUMN Strategis yang dekat dengan TNI. Saat disebut TPAB TNI, bisa dipahami khan. Kejutan terjadi saat Presiden Jokowi memilih sosok yang tidak diperhitungkan yaitu SS menjadi menteri ESDM. Banyak yang bingung, siapa orang ini kok tiba-tiba ditunjuk memimpin kementerian yang begitu strategis. Kebingungan ini kemudian dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang tidak puas dengan membuat opini bahwa SS adalah anak didik Ari Soemarno dan Mafia Migas. Dasar yang digunakan adalah SS pernah di Pertamina saat Ari Soemarno menjadi Dirut. siapa yang getol membela Sudirman Said saat itu ? Kuntoro Mangkusubroto yang mantan Kepala UKP4 dan kepala BRR Aceh yang aktif membela SS dengan memberikan testimoni. Selain itu ada juga mantan wakil ketua KPK Erry Riyanayang juga aktif berbicara di berbagai media tentang siapa SS. Bahkan Erry sempat mengatakan bahwa tanpa SS mungkin KPK tidak terbentuk. Jadi jika ada yang menulis Ari Sumarno adalah mentor SS, saya cenderung mengatakan BUKAN. Mentor SS yang sebenarnya adalah Kuntoro Mangkusubroto dan Erry Riyana Hardjapamekas yang reputasi dan integritasnya sudah sangat teruji.

Honesty is the best Policy

Selengkapnya disini

One thought on “Siapa Sebenarnya Mentor Sudirman Said?

  1. Sepertinya setiap usaha pembenahan (KPK, SS dll) itu benar-benar membuat banyak pihak merasa terhanggu ya—yaitu mereka yang telah lama menggaruk keuntungan pribadi secara tidak terpuji. Semoga semakin banyak pejabat yang seperti SS.🍸

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s